Fraksi PAN DPR Desak Fasilitas Kesehatan Harus Dapat Diakses Secara Merata

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 14 Juli 2021
0 dilihat
Fraksi PAN DPR Desak Fasilitas Kesehatan Harus Dapat Diakses Secara Merata
Ketua Fraksi PAN yang juga Anggota Komisi X DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ist.

" Saleh bercerita ada dua orang sepupu isterinya meninggal dunia pada minggu lalu akibat Covid dan tidak tertangani oleh layanan rumah sakit "

JAKARTA, TELISIK.ID - Banyaknya orang yang terpapar COVID-19 namun tak terlayani oleh pihak rumah sakit mendapat perhatian dari parlemen.

Menanggapi hal tersebut, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR-RI mendesak pemerintah agar fasilitas kesehatan bisa diakses secara merata.

"Dalam rapat dengan Menkes dan BPOM kemarin, saya menjelaskan tentang pentingnya menyiapkan fasilitas kesehatan untuk orang-orang yang terpapar COVID," kata Ketua Fraksi PAN DPR-RI, Saleh Partaonan Daulay kepada Telisik.id, Rabu (14/7/2021).

Saleh bercerita ada dua orang sepupu isterinya meninggal dunia pada minggu lalu akibat Covid dan tidak tertangani oleh layanan rumah sakit.

"Satu tinggal di Bekasi dan satu lagi di Bengkulu. Sepupu isteri saya itu meninggal karena tidak mendapatkan perawatan di rumah sakit dan ICU," ucapnya.

Ia mengaku sempat menghubungi RSPI Sulianti Saroso. Namun karena masih dalam antrian, akhirnya terlambat dan tidak tertolong.

Ketika menceritakan hal itu (Menkes), ia juga menjelaskan kejadian yang dihadapi oleh John Siffin Mirin yang meninggal karena terlambat juga dibawa ke ICU.

Alumnus HMI ini juga menuturkan menerima keluhan Dokter Rosaline yang sangat terpukul karena kejadian itu. Hingga dia secara emosional mengusulkan perawatan khusus bagi anggota DPR.

"Tapi saya menyebut di dalam rapat tersebut bahwa apa yang disampaikan Bu Rosaline sangat emosional dan dalam situasi duka. Itu disampaikan bukan dari hatinya," imbuhnya.

Dalam konteks ini, Saleh mengaku perlu meluruskan bahwa apa yang telah ia sampaikan di rapat tidak ada maksud untuk melebih-lebihkan para pejabat ataupun anggota DPR.

Saleh menekankan agar pemerintah menyiapkan fasilitas kesehatan yang mumpuni untuk merawat seluruh pasien Covid, tanpa terkecuali dan tanpa membedakan kelas sosial.

Baca Juga: Hadiri KTM GNB, Menlu RI Serukan Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina

Baca Juga: Kemenkes Sahkan Pola Vaksin Berbayar, KPK Tidak Mendukung, Ada Apa?

"Saya mengikuti rapat tersebut sampai selesai. Saya ikut memastikan agar usulan soal penyediaan fasilitas kesehatan, alat-alat kesehatan, terutama ICU dan obat-obatan, dan lainnya masuk dalam kesimpulan. Itu ada di dalam kesimpulan nomor 4 huruf (a)." kata anggota Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah kesehatan.

Ia menegaskan tidak pernah ada niat dan arah dari pembicaraan kemarin untuk membeda-bedakan masyarakat.

"Saya justru selama ini memperjuangkan agar pelayanan kesehatan dapat dengan mudah diakses masyarakat. Semua orang sama haknya dalam bidang pelayanan kesehatan. Itu adalah amanat konstitusi yang harus dijaga," tandasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga