Fraksi PAN DPR Dukung Komnas HAM Usut Penembakan 6 Anggota FPI

Marwan Azis, telisik indonesia
Selasa, 08 Desember 2020
0 dilihat
Fraksi PAN DPR Dukung Komnas HAM Usut Penembakan 6 Anggota FPI
Plh. Ketua Fraksi PAN DPR yang juga Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ist.

" Saya menyampaikan duka dan keprihatinan serta menyayangkan terjadinya insiden penembakan yang menyebabkan tewasnya 6 orang anggota FPI. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pimpinan Fraksi PAN DPR-RI menyayangkan terjadinya insiden penembakan yang menewaskan 6 anggota Front Pembela Islam (FPI) kemarin.

"Saya menyampaikan duka dan keprihatinan serta menyayangkan terjadinya insiden penembakan yang menyebabkan tewasnya 6 orang anggota FPI," kata Saleh Partaonan Daulay, Plh. Ketua Fraksi PAN DPR RI kepada Telisik.id, Selasa (8/12/2020).

Menurutnya, kasus tersebut adalah masalah penegakan hukum. Karena itu, harus diselesaikan secara hukum dengan prinsip keterbukaan.

"Saya dengar, kasus ini melibatkan aparat kepolisian dan anggota FPI. Siapa saja yang terlibat dan bagaimana kejadiannya masih perlu didalami. Apalagi, ada dua versi cerita di balik kejadian ini. Ini yang saya sebut sebagai ranah hukum," ujarnya.

Namun demikian, lanjut alumnus HMI ini, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan pemberitaan seputar insiden tersebut.

Baca juga: LPSK Siap Lindungi Saksi dan Korban Bentrok Polisi-FPI

Pasalnya, insiden seperti ini potensial dan kerap dijadikan sebagai alat untuk mengadu domba kelompok-kelompok tertentu di masyarakat.

Harus diyakini bahwa masalah ini akan lebih mudah diselesaikan jika semua pihak menahan diri.

"Saya dengar sudah ada beberapa lembaga yang mau mengusut dan mendalami kejadian ini," imbuhnya.

Ketua DPP PAN ini mendukung inisiatif Komnas HAM yang ingin membentuk tim pemantauan dan penyidikan.

"Semoga hasil kerja Komnas HAM ini dapat memberikan penjelasan kepada publik terkait duduk persoalan yang sebenarnya," pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga