Hari Ini Sidang Perdana Ferdy Sambo CS Digelar

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 17 Oktober 2022
0 dilihat
Hari Ini Sidang Perdana Ferdy Sambo CS Digelar
Tersangka utama kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo, akan menjalani persidangan hari ini. Foto: Repro Suara.com

" Sidang ini digelar untuk terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Maruf agendanya adalah pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Terdakwa Ferdy Sambo CS menjalani sidang perdana perkara dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J hari ini, Senin (17/10/2022) pada pukul 10.00 WIB.

Rencananya sidang tersebut bakal dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di ruang sidang utama Profesor Haji Umar Seno Adji.  

"Sidangnya dimulai pukul 10.00 WIB," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Djuyamto dikonfirmasi di Jakarta, dikutip dari Suara.com, Senin (17/10/2022) pagi.

Sidang yang dipimpin Wahyu Iman Santoso sebagai ketua majelis hakim, didampingi Morgan Simanjutak dan Alimin Ribu Sujono sebagai anggota tersebut digelar untuk terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Maruf.

Dalam sidang ini yang digelar untuk terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Maruf agendanya adalah pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Baca Juga: Dinilai Diskreditkan NKRI, NU dan MUI Jawa Timur Tolak Surabaya Islamic Festival

Dalam surat dakwaan dengan terdakwa Ferdy Sambo yang didakwa secara kumulatif oleh JPU, yakni dakwaan pertama pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan pasal 49 UU ITE terkait obstruction of justice atau menghalang-halangi proses hukum.

"Khusus perkara FS surat dakwaannya kumulatif," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana.

Dalam pelaksanaan sidang perdana ini, Polres Metro Jakarta Selatan mengerahkan sebanyak 170 personel untuk melakukan pengamanan.

Para personel tersebut melakukan pengamanan ruang sidang, pengamanan para terdakwa dan arus lalu lintas di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan.

Sementara itu, dikutip dari radarsolo.id, dalam pelaksanaan sidang Ferdy Sambo pada hari ini, Polres Metro Jakarta Selatan menerjunkan sebanyak 170 personel untuk melakukan pengamanan.

Hal tersebut meliputi pengamanan ruang sidang, pengamanan para terdakwa, hingga arus lalu lintas di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang terletak di Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Video Marshanda Viral, Pamerkan Batik Langka di Dunia

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan juga memberlakukan pembatasan dan pengaturan pengunjung sidang. Mengingat kapasitas ruang sidang utama hanya sekitar 50 orang, belum termasuk JPU dan pengacara para terdakwa.

Untuk mengakomodasi peliputan media, PN Jakarta Selatan menyediakan dua monitor dan pengeras suara di luar ruangan sidang.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses jalannya persidangan melalui siaran TV poll yang disediakan melalui kanal YouTube PN Jakarta Selatan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga