Hari ke-12, Baru 3 Parpol Daftar Bacaleg ke KPU Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 12 Mei 2023
0 dilihat
Hari ke-12, Baru 3 Parpol Daftar Bacaleg ke KPU Kolaka Timur
Koordinator Devisi Teknis KPU Kolaka Timur, Anhar tegaskan akan tetap membuka pendaftaran bacaleg sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Foto: Ist.

" Sejak dibukanya pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di KPU Kolaka Timur hingga Jumat (12/5/2022) baru ada 3 partai politik (parpol) yang selesai mendaftar "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Sejak dibukanya pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di KPU Kolaka Timur hingga Jumat (12/5/2022) baru ada 3 partai politik (parpol) yang selesai mendaftar.

Koordinator Devisi Teknis KPU Kolaka Timur, Anhar menjelaskan, pihaknya sudah membuka pendaftaran bacaleg DPRD Kabupaten Kolaka Timur sejak 1-14 Mei 2023. Dengan maksimal 100 persen kursi yang diajukan dari setiap Dapil dan memuat 30% keterwakilan perempuan dari daftar Bacalegnya yang diajukan.

Anhar menuturkan, pada prinsipnya KPU Kolaka Timur akan tetap membuka pendaftaran bacaleg sesuai dengan jadwal yang ada.

Baca Juga: PDIP Muna Barat Target 3 Kursi Tiap Dapil

"Kami membuka dari pukul 08.00 Wita hingga 16.00 Wita, ditutup pada 14 Mei, hingga pukul 23.59 Wita," jelasnya.

Adapun parpol yang hingga saat ini masih belum datang untuk mendaftarkan Bacalegnya KPU masih menunggu sesuai dengan waktu yang ada untuk hadir secara langsung dan melakukan registrasi di KPU Kolaka Timur sesuai jadwal.

"Dalam hal pemeriksaan belum selesai dan sudah lewat waktu pukul 16.00 wita dan dihari terakhir 23.59 Wita, itu tetap diselesaikan pemeriksaannya", ungkapnya.

Ditanya terkait apakah akan ada perpanjangan tahapan, ia mengatakan terkait perpanjangan tahapan pendaftaran pihaknya menjalankan tahapan yang sudah diatur dalam PKPU pencalonan yaitu pkpu 10 tahun 2023.

"KPU Kolaka Timur tetap pada jadwal dan proses tahapan yang ada," tegasnya.

Anhar menambahkan terkait status partai politik yang telah mendaftar sejak kemarin Anhar menjelaskan untuk PDIP dengan status diterima, PAN hari ini juga diterima dan Partai NasDem statusnya di Kembalikan.

"Karena masih ada berkas yang perlu di perbaiki terkait di Form B Pengajuannya yang merupakan syarat pencalonan untuk di benarkan berdasarkan hasil pemeriksaan atau verifikasi kami dan diajukan kembali dimasa pengajuan sesuai jadwal. Selama proses pengajuan  bacaleg ini oleh parpol, juga diawasi langsung oleh Bawaslu Kolaka Timur," tuturnya.

Baca Juga: Sitti Nurianti, Caleg Dapil III Konawe Optimis Raih 5 Ribu Suara dan Target Ketua DPRD

Diketahui proses pendaftaran bacaleg di KPU Kolaka Timur untuk Sabtu besok yang terkonfirmasi sudah ada dua partai yakni PKS pukul 10.00 Wita dan Gerindra pukul 14.00 Wita.

Sementara itu, Ketua KPU Kolaka Timur, Suprihaty Prawaty Nengtias mengatakan untuk proses pendaftaran bacaleg akan terus berjalan sesuai dengan jadwal yang ada.

"Saat ini baru 3 partai, namun kami masih menunggu partai yang lain sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan," jelasnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga