adplus-dvertising

Hasil Grup A Euro 2020: Italia dan Wales ke 16 Besar, Swiss Menunggu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 21 Juni 2021
689 dilihat
Hasil Grup A Euro 2020: Italia dan Wales ke 16 Besar, Swiss Menunggu
Timnas Italia menundukkan Timnas Wales pada babak penyeleksian grup A Euro 2020. Foto: Repro google.com

" Turnamen Euro 2020 kini mulai memasuki babak 16 besar. Satu persatu grup mulai mengeluarkan nama Timnas yang lolos dan tidak lolos di tahap berikutnya. "

ROMA, TELISIK.ID - Turnamen Euro 2020 kini mulai memasuki babak 16 besar. Satu persatu grup mulai mengeluarkan nama Timnas yang lolos dan tidak lolos di tahap berikutnya.

Dilansir dari Suara.com, dua matchday pamungkas Grup A Euro 2020 telah rampung Senin (21/6/2021) dini hari WIB. Italia lolos ke babak 16 besar dengan poin sempurna, diikuti Wales di posisi runner-up.

Timnas Italia merebut tiket babak 16 besar Euro 2020 dengan status juara grup A setelah menundukan Wales dengan skor tipis 1-0 di Stadion Olimpico, Roma.


Mengutip dari cnnindonesia.com, meski melakukan rotasi besar-besaran, Italia berhasil mendominasi permainan sejak babak pertama. Italia berhasil mengurung pertahanan Wales yang kesulitan keluar dari tekanan.

Namun gol Italia baru datang di menit ke-39. Gol tersebut berasal dari skema tendangan bebas yang dilepaskan oleh Marco Verratti. Umpan Verrati berhasil diteruskan oleh Matteo Pessina menjadi gol.

Setelah Italia unggul 1-0, Roberto Mancini memutuskan mengistirahatkan Leonardo Bonucci dan menggantinya dengan Francesco Acerbi.

Pada menit ke-53, Federico Bernardeschi melepaskan tendangan bebas namun tembakan Bernardeschi membentur tiang gawang.

Baca juga: Hasil Euro 2020 Tadi Malam: Portugal Kalah Lawan Jerman, Ronaldo Kembali Berurusan dengan Coca cola

Semenit kemudian, Acerbi melakukan kesalahan fatal yang membuat Aaron Ramsey terbebas dan berhadapan langsung dengan Gianluigi Donnarumma. Namun Ramsey terlalu lama melakukan tendangan sehingga situasi darurat bisa diatasi Italia.

Di menit ke-58, Wales harus bermain dengan 10 orang pemain karena Ethan Ampadu terkena kartu merah langsung. Ampadu dianggap melakukan pelanggaran keras saat menjejakkan kakinya ke kaki Bernardeschi.

Setelah unggul jumlah pemain, Italia makin dominan menguasai permainan dan melakukan tekanan. Di menit ke-65, tendangan Andrea Belotti hasil umpan matang Federico Chiesa masih bisa ditahan oleh Ward.

Pada 15 menit terakhir, Mancini memutuskan untuk menurunkan Bryan Cristante dan Giacomo Raspadori untuk menggantikan Jorginho dan Bernardeschi.

Di menit ke-76, Gareth Bale punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan setelah menerima umpan sundulan dari Joe Rodon. Namun tendangan voli Bale di muka gawang jauh dari sasaran.

Pada menit ke-89, Belotti melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti namun Ward berada di posisi yang bagus untuk menangkapnya.

Wales yang unggul selisih gol atas Swiss memilih lebih fokus bertahan di sisa waktu dibanding menyerang untuk menyamakan kedudukan. 

Skor 1-0 untuk Italia bertahan hingga akhir pertandingan. Italia dan Wales lolos ke babak 16 besar.

Baca juga: Jadwal Euro 2020: 6 Tim Kuat Hari ini Akan Bertarung Memperebutkan Posisi Aman

Susunan Pemain

Italia (4-3-3)

Gianluigi Donnarumma; Rafael Toloi, Leonardo Bonucci (Francesco Acerbi 46), Alessandro Bastoni, Emerson; Matteo Pessina (Gaetano Castrovilli 87), Jorginho (Bryan Cristante 75), Marco Verratti; Federico Bernardeschi (Giacomo Raspadori 75), Andrea Belotti, Federico Chiesa

Wales (3-4-3)

Danny Ward; Joe Rodon, Ethan Ampadu, Chris Gunter; Conor Roberts, Joe Morrell (Kieffer Moore 60), Joe Allen (Dylan Levitt 86), Neco Williams (Ben Davies 86); Gareth Bale (David Brooks 86), Aaron Ramsey, Daniel James (Harry Wilson 75)

Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id, kemenangan itu membuat Italia finis sebagai juar Grup A Euro 2020 dengan koleksi poin sempurna yakni sembilan dari tiga laga.

Di sisi lain, Wales tetap berhak lolos ke fase gugur kendati kalah 0-1 dari Timnas Italia. Mereka duduk di peringkat kedua atau runner-up dengan empat poin karena unggul selisih gol atas Swiss yang dilaga terakhir mengalahkan Turki 3-1 di Baku, Azerbaijan.

Swiss gagal menggusur Wales dari peringkat kedua lantaran kemenangan 3-1 tak cukup untuk menjadikan jumlah selisih gol mereka lebih baik dari Wales.

Timnas Wales mengakhiri babak penyisihan grup dengan selisih gol +1. Sementara Swiss punya selisih gol -1 setelah di dua laga sebelumnya imbang 1-1 dengan Wales dan kalah 0-3 dari Italia.

Sementara Turki sudah dipastikan angkat koper dari ajang sepakbola terakbar Benua Biru, setelah mengakhiri fase grup tanpa poin alias selalu kalah dalam tiga pertandingan. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga