adplus-dvertising

Infaq Ramadan Kolaka Utara untuk Korban Bencana dan Konflik Perang

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 20 April 2022
469 dilihat
Infaq Ramadan Kolaka Utara untuk Korban Bencana dan Konflik Perang
Ketua Baznas Kolaka Utara saat memberikan penjelasan terkait zakat mal di sela-sela penyaluran zakat di setiap kecamatan. Foto: Diskominfo Kolut

" Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) pada tahun 2021 lalu menerima infaq ramadan sebesar Rp 200 juta lebih "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) pada tahun 2021 lalu menerima infaq ramadan sebesar Rp 200 juta lebih.

Kepala Baznas Kolut, Mustamin mengatakan, infaq ramadan yang masuk ke Baznas Kolut dijadikan sebagai dana cadangan untuk bantuan kemanusiaan korban bencana alam.

"Infaq ramadan sebagai dana cadangan jika ada bencana kemanusiaan di luar daerah Kolaka Utara berupa gempa bumi, banjir, maupun bencan alam, seperti erupsi gunung Semeru atau bencan lainnya," katanya, Rabu (20/4/2022).


Selain diperuntukkan untuk korban bencana alam lanjutnya, infaq tersebut juga disalurkan untuk korban kemanusiaan akibat konflik peran seperti Palestina.

"Bantuan itu disalurkan jika ada permohonan yang masuk ke Baznas Kolut dari lembaga penyalur," tukasnya.

Baca Juga: Kasatnarkoba Polres Binjai Dicopot Kapolda Sumut, Ini Penyebabnya?

Lebih lanjut ia menuturkan, peruntukan zakat sudah jelas diatur dalam Islam yakni hanya untuk 8 asnaf sehingga yang digunakan untuk bantuan kemanusiaan adalah Infaq.

Total dana yang masuk ke Baznas tahun 2021 lalu, kata dia, mencapai Rp 4 miliar lebih dengan rincian, zakat profesi ASN sejumlah Rp 3,9 miliar ditambah Infaq mencapai Rp 200 juta lebih.

Baca Juga: Ahmad Monianse Prediksi Arus Mudik di Baubau Mulai 24 April

Pernyataan serupa dikemukakan Pelaksanaan harian (Plh) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka Utara, Rasman. Menurutnya, Infaq yang disetor masyarakat ke Amil Zakat diteruskan ke kantor urusan agama (KUA), setelah itu ke Kemenag diberikan langsung Baznas untuk digunakan sesuai peruntukannya.

"Jadi Infaq tersebut digunakan Baznas untuk bantuan kemanusiaan, korban bencana alam dan konflik perang," ucapnya. (B

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Kardin

Baca Juga