Ini 6 Keutamaan Bulan Syawal

Andi Sulthan Mujahidin, telisik indonesia
Jumat, 21 Mei 2021
0 dilihat
Ini 6 Keutamaan Bulan Syawal
Sejumlah anak sedang mengaji. Foto: Repro detiknews.com

" Penghujung bulan Ramadan, Allah telah menyampaikan agar menyempurnakan puasanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan suci Ramadan telah berlalu, tetapi keberkahannya selalu mengalir untuk tiap umat muslim melalui ibadah yang dilakukan di bulan Syawal.

Bulan Syawal adalah bulan yang dimuliakan selain bulan Ramadan, dan banyak amalan yang dapat dilakukan di bulan tersebut.

Ketua Komisi Dakwah MUI Sultra, Jahada mengatakan, pada bulan Syawal umat muslim disunnahkan untuk berpuasa selama enam hari.

"Penghujung bulan Ramadan, Allah telah menyampaikan agar menyempurnakan puasanya," katanya, Jum'at (21/5/2021).

Ia melanjutkan, setidaknya ada enam keutamaan yang ada pada bulan Syawal. Pertama, Syawal merupakan bukan kembali ke Fitrah, sebab bulan Ramadan adalah tempat pembersihan dan membuka belenggu dosa, maka bulan Syawal sebagai bulan kembali kepada kebiasaan makan dan minum serta telepas dari dosa.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Dalam Islam Dikatakan Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu

Kedua, bulan Takbir yang artinya setelah terbenamnya matahari di penghujung bulan Ramadan ada Takbir yang dikumandangkan hingga khatib turun dari mimbar. Hal ini berkaitan dengan firman Allah Q.S Al-Baqarah ayat 184.

Sehingga, bulan Syawal menjadi bulan untuk benyak bertakbir dan membesarkan nama Allah.

Ketiga, bulan meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan banyak menjalankan ibadah sunnah.

Terjadi peningkatan kesadaran, frekuensi iman menjadi tinggi, temperatur iman menjadi meningkatkan dan tingkat ketaatan kepada Allah menjadi meningkat.

Keempat, bulan Syawal merupakan bulan Silaturahmi. Bulan spesial untuk bersilaturahmi ada pada bulan Syawal. Hal ini berkaitan dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya jika engkau bepergian salat dimasjid atau lapangan, maka disaat engkau dalam perjalanan pulang lewatlah pada jalan yang lain.

Baca Juga: Solusi Palestina, Mubalig Sultra: Negara Muslim Kirim Tentara Usir Israel

Ini dimaksudkan untuk memperbanyak silaturahmi dan hubungan persaudaraan diantara sesama manusia.

Kelima, puasa enam hari. Puasa enam hari adalah puasa sunnah yang sebaiknya dikerjakan oleh umat muslim. Dalam sabda Nabi, puasa sunnah enam hari ini bernilai pahala sama dengan berpuasa selama satu tahun.

Kemudian keutamaan keenam, bulan baik untuk menikah. Bulan Syawal merupakan bulan baik bagi seseorang untuk melaksanakan pernikahan. Hal ini didasari penyampaian dari Siti Aisyah dalam sebuah hadis bahwa ia dinikahi oleh Rasulullah pada bulan Syawal. (B)

Reporter: Andi Sulthan Mujahidin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga