Intip Jadwal dan Tema Debat Ketiga Capres-Cawapres 2024

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 03 Januari 2024
0 dilihat
Intip Jadwal dan Tema Debat Ketiga Capres-Cawapres 2024
Capres Ganjar, Prabowo, dan Anies usai debat Capres pertama yang digelar KPU. Foto: Repro Infobanknews.com

" KPU telah menetapkan debat putaran ketiga capres-cawapres Pemilu 2024 akan digelar Minggu, 7 Januari 2024 mulai pukul 19.00 WIB pekan ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - KPU telah menetapkan debat putaran ketiga capres-cawapres Pemilu 2024 akan digelar Minggu, 7 Januari 2024 mulai pukul 19.00 WIB pekan ini.

Debat ketiga Pilpres 2024 ini diikuti oleh tiga kandidat capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Debat capres tersebut akan disiarkan di sejumlah stasiun televisi nasional dengan total durasi 150 menit, sesi debat mencakup enam segmen selama 120 menit, dan sisanya adalah iklan, seperti dikutip dari Infobanknews.com.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, informasi yang dihimpun dari berbagai sumber menyatakan debat ketiga capres-cawapres 2024 akan disiarkan di MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV. Debat kali ini akan mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Baca Juga: KPU Abaikan Keberatan Kubu Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran Soal Independensi MNC Group di Debat Ketiga Capres

Dilansir dari Cnnindonesia.com, berikut daftar jadwal lengkap debat capres dan cawapres 2024:

Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023

Tema debat (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023

Tema debat (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024

Tema debat (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024

Tema debat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024

Tema debat (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi

Sementara itu, Ketua Harian DPP Perindo yang juga Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi meyakini bahwa MNC Group akan bersikap profesional sebagai media penyelenggara debat ketiga calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Baca Juga: Deretan Politisi Paling Berpengaruh di Media Sosial, Ada Capres-Cawapres?

Sementara di sisi lain, TKN Prabowo-Gibran menurutnya, melayangkan keberatannya kepada KPU. Pasalnya, MNC Group hanya sebagai penyelenggara yang ditunjuk oleh KPU.

"Saya meyakini bahwa pertanyaan ini sih paling pas diajukan ke KPU, karena kan MNC Group hanya melaksanakan kesepakatan yang telah dibicarakan dan disetujui, dan ditunjuk oleh KPU untuk menjadi penyelenggara," ujarnya.

Jadi ditunjuk, dimandatkan, ya dilaksanakan. Kalau ada hal-hal ya silakan disampaikan kepad KPU," imbuhnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga