Jadi Tuan Rumah PRB Oktober Mendatang, BPBD Sulawesi Tenggara Siapkan Hal Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
Jadi Tuan Rumah PRB Oktober Mendatang, BPBD Sulawesi Tenggara Siapkan Hal Ini
BPBD Sulawesi Tenggara tengah melakukan persiapan pengurangan risiko bencana yang acara puncaknya digelar di Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Bakal jadi tuan rumah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tenggara tengah melakukan persiapan pengurangan resiko bencana (PRB) "

KENDARI, TELISIK.ID - Bakal jadi tuan rumah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tenggara tengah melakukan persiapan pengurangan resiko bencana (PRB).

Kepala BPBD Sulawesi Tenggara, Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya siap untuk menjadi tuan rumah pada peringatan PRB.

"Oleh karena itu sekarang kita lakukan rapat koordinasi untuk mematangkan persiapannya," katanya, Kamis (27/7/2023) pada awak media.

Ia menambahkan, rangkaian nantinya PRB akan dilakukan di beberapa lokasi, di antaranya yaitu penanaman pohon di Tapulaga, Kabupaten Konawe, dan seminar di Universitas Halu Oleo (UHO) Kota Kendari.

Baca Juga: Antisipasi Rabies, Dinkes Sulawesi Tenggara Distribusi Vaksin ke Daerah

"Nanti ada kegiatan pesta rakyat dan pameran di Eks MTQ Kendari. Di Oktober itu acara puncak, acaranya sudah mulai dari sekarang," bebernya.

Kegiatan PRB se-Indonesia puncaknya di lakukan di Sulawesi Tenggara. Serentak dilakukan seluruh Indonesia, bukan hanya di Bumi Anoa.

Ia berharap, melalui PRB, masyarakat bisa memahami dan mengambil ilmunya tertuma bagaimana upaya pengurangan risiko bencana.

Plh Sekda Sulawesi Tenggara, Sukanto Toding menuturkan, rapat persiapan bulan PRB di Sulawesi Tenggara merupakan regular nasional setiap tahun dilaksanakan secara bergilir di ibu kota provinsi.

Bisa dikatakan kegiatan yang berskala nasional untuk BNPB yang dilaksanakan di daerah, mengucapkan terima kasih kepada BNPB atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk bisa melaksanakan/mendapatkan kesempatan pelaksanaan PRB Tahun 2023.

Kegiatan itu merupakan sebuah penilaian yang optimal oleh pemerintah pusat atas kesiapan di daerah. Sejak gubernur menerima pataka, merupakan penyerahan pelaksanaan sebagai tuan rumah secara moril dan materil dalam hal pendanaan sudah disiapkan.

"Tentu banyak harapan dalam forum nasional ini kita mendapatkan publikasi sebuah informasi terkait kebijakan penanggulangan bencana di Indonesia, yang kami kira akan hadir dari pihak-pihak nasional maupun internasional yang selama ini terkait dengan kegiatan mitigasi bencana tentunya ini sebuah kesempatan yang baik dalam program atau pengurangan risiko bencana," urainya.

Baca Juga: SPBU Saranani Kendari Kena Sanksi Pertamina Gegara Isi BBM Bersubsidi Pakai Jeriken

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB RI, Nadhirah Seha Nur mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan survei di beberapa tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi peringatan PRB pada Oktober mendatang.

"Salah satunya itu di Auditorium UHO, kebetulan kita juga sudah ketemu rektornya untuk memastikan ruangan karena nanti akan ada kuliah umum," katanya.

Pihaknya juga telah berkunjung di Tapulaga, Kabupaten Konawe melaksanakan survei untuk melihat lokasi penanaman pohon.

Ia berharap dukungan, bantuan dan kerjasama khususnya dari seluruh elemen terkait agar bisa menyukseskan kegiatan, baik dari pihak birokrasi, akademisi hingga masyarakat. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga