Jaga Mutu Perguruan Tinggi, Stikes Pelita Ibu Gelar Audit Mutu Internal

Nur Fauzia, telisik indonesia
Selasa, 11 Juni 2024
0 dilihat
Jaga Mutu Perguruan Tinggi, Stikes Pelita Ibu Gelar Audit Mutu Internal
Foto bersama Pimpinan Stikes Pelita Ibu Kendari dan auditor mutu internal. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu menggelar audit mutu internal l guna meningkatkan mutu yang berkelanjutan di perguruan tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu menggelar audit mutu internal l guna meningkatkan mutu yang berkelanjutan di perguruan tinggi, Selasa (11/6/2024).

Ketua Stikes Pelita Ibu, Rosmawati Ibrahim dalam sambutannya menyampaikan, audit mutu ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 53 Tahun 2023 tentang penjaminan mutu pendidikan tinggi.

Kata dia, dengan dilaksanakannya audit mutu internal secara berkala dan teratur, tentunya tidak hanya mematuhi regulasi yang ada, namun juga mengidentifikasi area-area yang membutuhkan perbaikan dan dirumuskan langkah-langkah bagaimana strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Stikes Pelita Ibu.

Baca Juga: Pemuda Kreatif Jual Kerajinan Unik dengan Gerobak Bambu di Kendari

Rosmawati mengharapkan keberhasilan audit mutu internal tersebut tergantung pada kontribusi dan kerjasama dari seluruh civitas akademika dari Pelita Ibu.

"Saya mengajak kepada segenap pimpinan, dosen, tenaga kependidikan untuk memberikan dukungan penuh dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, dengan semangat dan kesungguhan kita dalam kegiatan ini tentunya saya yakin audit mutu internal ini akan berjalan dengan lancar dan memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan perguruan tinggi ini," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Penjamin Mutu, Fajar Kurniawan saat diwawancarai Telisik.id menyampaikan bahwa Stikes Pelita Ibu memiliki 36 standar mutu pendidikan yang terdiri dari 24 mutu akademik dan 12 mutu non akademik.

Fajar menjelaskan, dari 36 standar itu pihaknya bertanggungjawab bersama-sama untuk menyelesaikan indikator-indikator capaian dalam standar tersebut.

Setelah itu, ia bersama timnya juga menyiapkan beberapa dokumen yang terkait dengan yang diminta oleh standar mutu.

Baca Juga: 50 Sekolah Ikut Kejuaraan Atletik Tingkat SD dan SMP se-Kota Kendari

"Contoh misalkan standar mutu untuk lulusan berarti ada indikator di situ, seperti apa mutu lulusannya, apakah sudah ada capaian pembelajarannya dan seharusnya seperti itu nanti akan dievaluasi secara terus menerus," jelas Fajar.

Fajar berharap, dengan adanya audit mutu ini akan menjadi budaya sehingga dapat menjaga mutu secara berkesinambungan dan berlanjut serta akan dilakukan audit mutu secara periodik, yaitu setiap 6 bulan sekali sehingga terjadinya peningkatan kualitas pendidikan secara terus menerus.

Tim auditor yang akan mengaudit merupakan auditor Stikes Pelita Ibu yang sudah memiliki sertifikat auditor dan kredibel di bidangnya, bahkan sudah bisa memberikan pelatihan. Tim auditor sebanyak 6 orang dimana 1 orang untuk level perguruan tinggi dan 5 orang untuk level program studi. (B-Adv)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga