Jangan Anggap Sepele Karang Gigi Penyebab Bau Mulut

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Sabtu, 14 Januari 2023
0 dilihat
Jangan Anggap Sepele Karang Gigi Penyebab Bau Mulut
Masalah karang gigi yang sering dianggap sepele, tapi ternyata dapat membahayakan jika terus menerus dibiarkan. Foto: Repro discover.hubpages.com

" Karang gigi adalah suatu gangguan yang terjadi ketika plak menumpuk di gigi. Hal tersebut dapat menggerogoti enamel, sehingga gigi berlubang dan membusuk "

KENDARI, TELISIK.ID – Salah satu penyebab bau mulut yakni karang gigi, sering kali disepelehkan oleh sebagian orang. Padahal gangguan tersebut bisa sangat membahayakan jika dibiarkan terus menerus dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Dilansir dari halodoc.com, karang gigi adalah suatu gangguan yang terjadi ketika plak menumpuk di gigi. Hal tersebut dapat menggerogoti enamel, sehingga gigi berlubang dan membusuk. Bakteri yang dihasilkan oleh plak tersebut dapat membuat gigi kamu kuning dan menyebabkan bau mulut.

Salah satu pasien drg. Hayatun Nisa, Fira mengungkapkan bahwa dirinya kerap kali merasa tidak nyaman dengan gusinya yang sering sekali berdarah. Dirinya kemudian memutuskan untuk memeriksakan giginya ke dokter dan hal tersebut ternyata diakibatkan oleh karang gigi yang menumpuk.

Menurut drg. Hayatun Nisa, bahaya karang gigi jika terus menerus dibiarkan yakni dapat menyebabkan radang gusi yang menyebabkan gusi kerap kali berdarah saat dibersihkan dan timbulnya rasa nyeri, bau mulut, hingga kerusakan gigi yang akhirnya menyebabkan gigi goyah dan mudah lepas sendiri.

Baca Juga: Mengenal Vaginismus Gangguan pada Otot Sekitar Vagina

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Kembung, Wajib Tahu

Oleh karena itu, drg. Hayatun Nisa menyarankan untuk rutin memeriksakan dan membersihkan karang gigi ke dokter tiap 6 bulan sekali. Selain itu, untuk mencegah karang gigi, dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi.

“Walaupun begitu,  karang gigi tidak bisa hanya dibersihkan dengan sikat gigi biasa, memang harus ditangani oleh ahlinya, karena sulit untuk merontokkan karang gigi tanpa menggunakan alat scalling. Apalagi memang ada orang yang salivanya cepat membentuk karang gigi,” ungkapnya kepada Telisik.id.

Karang gigi yang terbentuk dari zat kapur kemudian mengeras ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan mengonsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung gula. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi demi menghindari penumpukan karang gigi. (A)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga