Kehadiran Nakes Jadi Kendala, Vaksinasi COVID-19 di Kendari Baru 35 Persen

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 23 Januari 2021
0 dilihat
Kehadiran Nakes Jadi Kendala, Vaksinasi COVID-19 di Kendari Baru 35 Persen
Vaksinasi COVID-19. Foto: Sumarlin/Telisik

" Kendalanya sasarannya tidak satu kali datang, coba sasaran satu kali datang pasti cepat selesai. "

KENDARI, TELISIK.ID - Vaksinasi COVID-19 tahap pertama kepada tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Kendari baru berjalan sekitar 35 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum mengakui vaksinasi tidaklah mudah dilakukan. Sebab, masih ada Nakes yang alpa saat vaksinasi.

"Kendalanya sasarannya tidak satu kali datang, coba sasaran satu kali datang pasti cepat selesai," kata drg Rahminingrum, Sabtu (23/1/2021).

Selain itu, beberapa Nakes ditunda vaksinasinya karena kondisi kesehatan yang bersangkutan.

Baca juga: Hari Ini, Kasus COVID-19 di Sultra Tembus 9 Ribu Jiwa

"Kalau yang menolak secara terbuka belum ada. Tapi memang dalam pelayanan itu kan ada meja 1 sampai meja 4, meja 1 untuk pendaftaran, meja 2 pemerikasaan kesehatan. Kalau memang dia hipertensi otomatis batal divaksin," jelas Rahminingrum.

Terlepas kendala yang ada, setelah penyuntikan pertama selesai, di hari ke-14 berikutnya mereka akan kembali disuntik vaksin termasuk Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

"Karena Bapak Wali Kota disuntik 14 Januari, jadi penyuntikan berikutnya 28 Januari," ungkapnya.

Diketahui, penyuntikan vaksin Sinovac tahap pertama dimulai 14 Januari dengan penyuntikan perdana dilakukan oleh 10 orang tokoh termasuk Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, dilanjutkan kepada 4.750 Nakes di 58 fasilitas kesehatan. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga