Kejati Sulawesi Tenggara Didesak Panggil Kontraktor dan Kadinkes Muna Barat Soal Pembangunan Gedung Kesehatan

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Kamis, 21 Desember 2023
0 dilihat
Kejati Sulawesi Tenggara Didesak Panggil Kontraktor dan Kadinkes Muna Barat Soal Pembangunan Gedung Kesehatan
Sejumlah massa berdemonstrasi di Kejati Sulawesi Tenggara soal pembangunan gedung kesehatan di Dinkes Muna Barat. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Protes massal dari Lingkar Mahasiswa Anti Korupsi (LIMAK) mencuat, menuntut kejelasan terkait anggaran yang tidak terealisasi sepenuhnya pada pembangunan dan renovasi gedung kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Protes massal dari Lingkar Mahasiswa Anti Korupsi (LIMAK) mencuat, menuntut kejelasan terkait anggaran yang tidak terealisasi sepenuhnya pada pembangunan dan renovasi gedung kesehatan. Massa mendesak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara, memanggil kontraktor proyek dan Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat.

Di Muna Barat, kelima paket pembangunan oleh Dinas Kesehatan diduga memiliki kekurangan volume yang signifikan. Massa menduga, anggaran yang seharusnya diberikan sepenuhnya pada setiap paket pembangunan tidak teralokasikan dengan benar, menyebabkan kekurangan dalam pembangunan dan renovasi gedung kesehatan.

Massa juga sembat berorasi di bundaran tank, Jalan Malaka, Kecamatan Kambu, Kota Kendari. Hairun, Kordinator Lapangan, mengungkapkan, dugaan tindak pidana korupsi terjadi di Dinas Kesehatan Muna Barat.

Baca Juga: Operasi Lilin Anoa 2023, Polda Sulawesi Tenggara Siap Amankan Perayaan Nataru

"Ada kelebihan anggaran yang tidak sesuai dengan volume pembangunan," katanya.

Hairun menegaskan, pihaknya mendesak Kejati Sulawesi Tenggara untuk memanggil oknum-oknum yang terlibat dalam proyek pembangunan. Tujuan utama adalah mengungkap dugaan korupsi dan menegakkan keadilan terhadap kebijakan yang merugikan masyarakat.

Kasi A Kejati Sulawesi Tenggara, Eki Moh Hasim menyebut, demonstrasi terjadi tanpa didukung data-data yang lengkap. Penting bagi Kejati untuk menerima tuntutan yang didukung oleh bukti yang kuat dan lengkap.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Dorong Peran Keluarga Cegah Stunting

"Mereka menyebut kekurangan volume, tapi dokumentasinya belum didukung data-data yang lengkap. Kami meminta mereka melengkapi dengan data-data pendukung terlebih dahulu sebelum memproses lebih lanjut," ucap Eki Moh Hasim.

Tuntutan massa mencakup pembentukan tim pansus untuk melakukan investigasi terhadap lima paket pekerjaan di Dinas Kesehatan Muna Barat.

Massa memberikan jaminan akan melengkapi dokumen-dokumen yang diminta oleh Kejati Sulawesi Tenggara. Ancaman demo jilid dua menjadi bayangan jika tuntutan massa tidak direspon secara memadai. Mereka berkomitmen untuk terus berjuang melawan dugaan penyelewangan ll anggaran. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga