Keluar Masuk Muna Wajib Cek Suhu Tubuh dan Bermasker

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 04 Mei 2020
0 dilihat
Keluar Masuk Muna Wajib Cek Suhu Tubuh dan Bermasker
Pengecekan suhu tubuh di Desa Mabodho. Foto: Naryo/Telisik

" Sejauh ini suhu tubuh warga yang melintas masih normal. "

MUNA, TELISIK.ID - Status zona merah penularan COVID-19 yang disandang Kabupaten Muna pasca adanya 12 warga yang positif, membuat Pemkab melakukan langkah-langkah tegas.  

Adalah dengan melakukan pra karantina wilayah. Empat titik keluar masuknya warga di Desa Motewe, Watoputeh, Mabhodo dan Waara didirikan pos serta dijaga ketat Tim Satgas kecamatan dan desa.

Di Desa Mabodho, Kecamatan Kontunaga yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Muna Barat (Mubar), warga yang keluar masuk dilakukan pemeriksaan ekstra oleh pemerintah kecamatan, Puskesmas, Danramil Katobu, dan Polsek Kontunaga.  

Pemeriksaan diutamakan pada suhu tubuh. Bila suhu tubuh tinggi, langsung diarahkan ke Puskesmas untuk dilakukan penanganan medis.

"Sejauh ini suhu tubuh warga yang melintas masih normal," kata Andi April, Camat Kontunaga.

Bukan saja itu, warga yang melintas juga wajib menggunakan masker. Bila tak memiliki masker, maka akan diberikan.

"Maskernya kita siapkan," sebutnya.

Baca juga: Hilang di Hutan Konsel, Kakek Usia 1 Abad Ditemukan Selamat

Andi April juga mengapresiasi Danramil Katobu, Kapten Inf Ruslan dan Kapolsek Kontunaga, IPTU Sulatin yang setiap hari hingga malam tanpa lelah mendampingi di pos jaga dalam rangka mengawasi keluar masuknya warga.

"Danramil dan kapolsek sangat proaktif," ujarnya.  

Danramil Katobu, Kapten Inf Ruslan menerangkan, apa yang mereka lakukan adalah sebuah tugas dalam rangka membantu memutus mata rantai penularan COVID-19.  

"Kami terus membantu mengingatkan masyarakat agar ada kesadaran menjaga kesehatan dan tetap stay di rumah," ujarnya.  

Sementara itu, Kapolsek Kontunaga, IPTU Sulatin menegaskan, pihaknya tak pandang bulu dalam membantu melakukan pengawasan terhadap warga yang keluar masuk di Muna.  Siapapun dia, harus mengikuti protap pemeriksaan kesehatan.

"Kalau suhu tubuhnya tinggi dan tidak menggunakan masker, kita langsung giring ke Puskesmas," tegasnya.  

Selama pandemi Corona ini, pihaknya rutin melakukan sosialisasi, penyemprotan disinfektan dan membubarkan kerumunan warga. Tak pelak, warga di Kecamatan Kontunaga sudah mulai mematuhi apa yang menjadi anjuran pemerintah.

Reporter: Naryo

Editor: Rani

Baca Juga