Kemenag Kendari Umumkan 101 Titik Lokasi Pelaksanaan Salat Id Kota Kendari

Ruliawan Putra Utama, telisik indonesia
Jumat, 29 April 2022
0 dilihat
Kemenag Kendari Umumkan 101 Titik Lokasi Pelaksanaan Salat Id Kota Kendari
Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Kota Kendari. Foto: Ruliawan/Telisik

" Kantor Kementerian Agama Kota Kendari mengumumkan lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 H, baik di lapangan terbuka maupun di masjid "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Kementerian Agama Kota Kendari mengumumkan lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 H, baik di lapangan terbuka maupun di masjid. Hal itu berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 8 tahun 2022.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya menyampaikan, kedua lokasi itu juga telah disepakati saat melakukan rapat penentuan zakat saat awal Ramadan.

"Telah disepakati untuk pelaksanaan salat Idul Fitri diutamakan di dua tempat, di lapangan boleh, di masjid juga boleh," kata Lalan Jaya, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/4/2022).

Lanjutnya, berdasarkan laporan PHBI Kota Kendari, Lalan menjelaskan sekira ada 101 titik lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri di Kota Kendari.

Meskipun ada kelonggaran pelaksanaan salat id di lapangan maupun di masjid, tetapi protokol kesehatan tidak boleh diabaikan, utamanya tetap menggunakan masker.

Sebagaimana arahan dalam surat edaran Menteri Agama terkait dengan pelaksanaan salat id 1443 H.

Baca Juga: BPTD Sultra Klaim Mudik Lebaran Berjalan Lancar dan Aman

"Imbauan Kemenag terkait dengan surat edaran Menteri Agama kami sudah sampaikan," ujarnya.

Masyarakat juga bisa melakukan salat Idul Fitri di tempat yang mereka inginkan karena tidak ada lagi pembatasan kapasitas yang bisa hadir ke masjid, seperti aturan tahun sebelumnya yang membatasi hanya 50 persen yang bisa hadir di masjid.

"Sekarang sudah ada arahan untuk boleh mulai merapatkan kembali barisan shaf salat," jelasnya.

Salah seorang warga Kota Kendari, Indra Sakti Akbar mengaku bahagia mendengar kabar ini karena tidak seperti tahun sebelumnya.

Baca Juga: Menembus Rindu, Pemudik di Pelabuhan Nusantara Kendari Rela Panjat Kapal hingga Duduk di Atap

"Allhamdulilah yah selama ini kan kita hanya bisa salat di beberapa tempat saja yang dibuka," kata Indra

Masyarakat lainnya, Nurul Afifah mengaku sudah dua tahun harus salat Idul Fitri di perantauan dan baru di tahun ini dia bisa kembali merayakan Idul Fitri bersama keluarganya.

"Saya kan kerja di luar kota Kak, jadi sudah 2 tahun tidak pulang lebaran. Alhamdulilah tahun ini bisa salat Idul Fitri dengan keluarga di kampung halaman," ungkapnya. (A)

Reporter: Ruliawan Putra Utama

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga