Kenapa Lutut dan Siku Berwarna Gelap? Ini Penjelasannya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
Kenapa Lutut dan Siku Berwarna Gelap? Ini Penjelasannya
Melanin adalah penyebab lutut, siku, dan area lain berwarna lebih gelap. Beberapa kondisi dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak melanin. Foto: Repro Sindonews.com

" Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi warna kulit yang lebih gelap di daerah siku dan juga lutut "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki siku dan lutut yang berwarna gelap dibandingkan daerah tubuh lainnya kadang membuat beberapa orang merasa kurang percaya diri. Lantas apa yang membuat warnanya lebih gelap?

Mengutip Detik.com, perbedaan warna kulit ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti penyakit (penyakit addison) atau penggunaan obat-obat tertentu. Orang-orang dari ras Afrika-Amerika dan Timur Tengah umumnya lebih rentan memiliki warna kulit siku dan lutut yang lebih gelap.

Tapi umumnya ada 3 hal yang menjadi penyebab paling sering warna kulit siku dan lutut lebih gelap yakni sebagai berikut:

- Lebih sering menerima tekanan

- Paparan sinar matahari

- Merupakan daerah kulit yang kering

Baca Juga: 4 PO Bus Mewah Bak Hotel Berjalan

Siku dan lutut bisa dibilang bagian tubuh yang paling sering menerima tekanan seperti saat menopang dagu atau berlutut yang membuatnya menebal. Jika daerah yang tebal ini sering terkena sinar matahari maka memicu terjadinya warna kulit yang lebih gelap.

Selain itu lapisan kulit di daerah siku dan lutut terbilang mengandung pigmen kulit (melanin) yang lebih banyak, sehingga memicu timbulnya warna kulit yang lebih gelap atau hitam.

Meski begitu, dikutip dari Kompas.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi warna kulit yang lebih gelap di daerah siku dan juga lutut yakni sebagai berikut:

* Pakai tabir surya secara teratur

Baca Juga: 5 Ide Suvenir Pernikahan Unik

Karena hiperpigmentasi sering disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, tabir surya sangat penting digunakan. 

* Pakai pelembap kulit 

Lembapkan kulit di area lutut dan siku dengan krim yang menghidrasi. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penggelapan. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga