KPU Sumatera Utara Distribusi Bilik Suara, 12 Daerah Ini Belum Sampai

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
KPU Sumatera Utara Distribusi Bilik Suara, 12 Daerah Ini Belum Sampai
Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Sumatera Utara, Kotaris Banurea ketika memberikan penjelasan mengenai pendistribusian bilik suara. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Bilik suara atau logistik Pemilu 2024 mendatang sudah didistribusikan di 21 kabupaten dan kota di Sumatera Utara. Sedangkan 12 daerah lainnya belum sampai "

MEDAN, TELISIK.ID - Bilik suara atau logistik Pemilu 2024 mendatang sudah didistribusikan di 21 kabupaten dan kota di Sumatera Utara. Sedangkan 12 daerah lainnya belum sampai.

Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Sumatera Utara, Kotaris Banurea membenarkan jika bilik suara untuk 12 daerah belum sampai di tujuan.

"12 daerah itu memang masih dalam perjalanan, bahkan untuk di daerah Kepulauan Nias (Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan dan Kota Gunung Sitoli) belum sampai. Karena busnya belum berangkat. Itu kabar yang saya dapatkan dari perusahaan ekspedisi pengangkutan," kata Kotaris Banurea kepada Telisik.id, Selasa (24/10/2023) siang.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Deklarasi di GBK Sebelum Berangkat Daftar ke KPU

Adapun daerah yang belum sampai logistik bilik suara itu di antaranya

Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba, Pematangsiantar, Asahan, Tanjung Balai, Karo dan daerah di Kepulauan Nias.

"Sampai saat ini, kendalanya ada yang cuaca dan pengangkutan belum berangkat," tambahnya.

Diakui Kotaris, bilik dikirim dari Jawa dan ditempatkan di Kawasan Industri Medan (KIM). Selanjutnya dikirim ke 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

"Langsung dikirim ke KPU kabupaten dan kota se-Sumatera Utara. Jumlah bilik yang diterima untuk seluruhnya 183.500. Karena jumlah TPS sebanyak 45.875. Satu TPS nantinya disediakan 4 bilik suara," tambahnya.

Kotaris mengaku, bilik logistik pemilu untuk di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

"Untuk Kota Medan sudah sampai tadi malam sampainya. Saya baru dapatkan informasi barusan. Jadi sudah kami pesankan kepada seluruh KPU kabupaten dan kota untuk menjaga logistik yang sudah datang itu," terangnya.

Baca Juga: Seleksi Anggota KPU Jawa Timur Dimulai

Terpisah, Ketua KPU Deli Serdang, Syahrial Effendi ketika dikonfirmasi membenarkan, bilik suara logistik pemilu itu sudah diterima dalam kondisi baik.

"Sampai saat ini disimpan di gudang milik KPU Deli Serdang," kata Syahrial Effendi.

Menurutnya, bilik suara ini tidak langsung dibagikan ke tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kabupaten Deli Serdang. Mereka menunggu petunjuk dari KPU Sumatera Utara.

"Bersamaan dengan kotak suara, tinta dan yang lainnya. Sampai saat ini kondisi bilik suara sudah aman," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga