Lolos Verifikasi Kota Sehat, Kendari Masih Harus Perbaiki Datanya

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 11 Mei 2023
0 dilihat
Lolos Verifikasi Kota Sehat, Kendari Masih Harus Perbaiki Datanya
Tim Kota Sehat Kota Kendari menggelar rapat evaluasi penilaian kota sehat tingkat nasional. Foto: Ist.

" Kota Kendari dinyatakan lolos verifikasi kota sehat tingkat Sulawesi Tenggara, setelah melalui beberapa tahapan penilaian mandiri (self assessment) "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari dinyatakan lolos verifikasi kota sehat tingkat Sulawesi Tenggara, setelah melalui beberapa tahapan penilaian mandiri (self assessment).

Ketua Tim Pembina Kota Sehat, Cornelius Padang menyampaikan, saat ini Kota Kendari sedang dalam fase penilaian kota sehat tingkat provinsi, setelah Kota Kendari dinyatakan lolos tahap verifikasi.

Kata Kepala Bappeda Kota Kendari ini, meski lolos verifikasi di tingkat provinsi, namun Kota Kendari masih harus melakukan perbaikan yang masih terdapat sejumlah kekurangan, sehingga saat penilaian tingkat nasional data yang kurang telah dilengkapi seluruhnya.

Baca Juga: Massa Bentrok di Pengadilan Negeri Kendari, Leo Robert Halim Hanya Dituntut 6 Bulan Penjara

"Sebenarnya data yang kita sampaikan masih banyak hal-hal yang perlu kita lakukan pembenahan, kaitan dengan persiapan dilakukannya verifikasi, nah beberapa tatanan yang belum maksimal dan langkah-langkah yang akan kita lakukan terkait verifikasi lapangan yang akan dilakukan oleh tim penilai pusat," ungkapnya, saat memimpin rapat evaluasi penyelenggaraan kota sehat tahun 2023 yang berlangsung di Media Center Rujab Wali Kota Kendari, Kamis (11/05/2023).

Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat, Siti Chomzah Asmawa mengatakan, berdasarkan hasil penilaian mandiri (self assessment) terdapat beberapa tatanan yang angkanya masih di bawah 91 persen. Sedangkan untuk tatanan pendidikan dan penanggulangan bencana berada di angka capaian 100 persen.

"Kita masih berharap dinas-dinas lain yang belum lengkap dokumennya agar melengkapi dokumen tersebut yang nantinya bisa kita jadikan bahan kelengkapan ketika ada penilaian di Juni atau Juli," jelasnya.

Baca Juga: Serentak Hari Ini PDIP Daftakan Caleg ke KPU

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum berharap agar beberapa tatanan yang masih di bawah 91 persen dapat dioptimalkan jelang verifikasi lapangan nantinya.

"Kami Dinas Kesehatan dan Bappeda sangat yakin, OPD penanggung jawab tatanan tersebut bisa memaksimalkan sampai kita nanti verifikasi lapangan," harapnya.

Rencananya verifikasi lapangan oleh tim nasional rencananya akan dilakukan pertengahan tahun 2023 dan kemungkinan akan dilaksanakan secara online. (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga