Majukan Ekonomi Baubau dengan Perkuat Sinkronisasi Pemkot dan Instansi Vertikal

Elfinasari, telisik indonesia
Kamis, 21 September 2023
0 dilihat
Majukan Ekonomi Baubau dengan Perkuat Sinkronisasi Pemkot dan Instansi Vertikal
Wali Kota Baubau, Laode Ahmad Monianse saat memberikan sambutan terkait sinkronasi pemda dan instansi vertikal bertempat di Aula Kantor Wali kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Pentingnya sinkronisasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dan instansi vertikal, perlunya koordinasi setidaknya dua kali setahun untuk membahas dan mengevaluasi berbagai isu strategis di Kota Baubau, terutama terkait perekonomian daerah "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pentingnya sinkronisasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dan instansi vertikal, perlunya koordinasi setidaknya dua kali setahun untuk membahas dan mengevaluasi berbagai isu strategis di Kota Baubau, terutama terkait perekonomian daerah.

Wali Kota Baubau, Laode Ahmad Monianse menuturkan, pertumbuhan ekonomi Baubau yang pesat dan meningkatnya sirkulasi penumpang menuntut adanya koordinasi yang lebih baik, khususnya di sektor transportasi laut. menekankan pentingnya kolaborasi erat dengan Pelni, sebagai salah satu pemain utama di sektor transportasi laut, untuk mengatasi tantangan yang timbul.

Tidak hanya itu, sektor jasa keuangan dan UMKM juga menjadi sorotan dalam pembahasan. Kepastian hukum, terutama terkait lahan, dianggap krusial dalam menarik investasi dan memastikan pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata Lewat Pelatihan Inovasi Kuliner

Baca Juga: Rasman Manafi Disebut jadi Pj Wali Kota Baubau, Ini Tanggapan Ketua DPRD

"Kami berharap dengan sinkronisasi ini, berbagai hambatan bisa teratasi dan investasi di kota dapat tumbuh dengan baik," tutur Ahmad Monianse, Kamis (21/9/2023).

Kebijakan pusat seringkali memiliki dampak langsung pada pelaksanaan program di daerah. Oleh karena itu, Wali Kota Baubau menekankan pentingnya komunikasi dua arah antara pemda dan instansi vertikal. Hal itu bertujuan untuk memastikan, kebijakan pusat dapat mendukung inisiatif-inisiatif lokal dengan lebih efektif.

Ketua panitia, Erni menyampaikan optimisme atas rencana sinkronisasi ini. Ia menggarisbawahi, inisiatif itu sejalan dengan kebijakan desentralisasi daerah, seperti yang diatur dalam UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No 6 Tahun 1998.

Dengan kerjasama yang lebih erat dan sinkronisasi yang terjadwal, diharapkan Kota Baubau dapat menghadapi tantangan masa depan dengan lebih siap, serta memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk kesejahteraan masyarakatnya. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga