adplus-dvertising

Media Vietnam Jengkel Indonesia Dapat Gelar Tim Paling Fair Play Piala AFF 2020

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 02 Januari 2022
874 dilihat
Media Vietnam Jengkel Indonesia Dapat Gelar Tim Paling Fair Play Piala AFF 2020
Pemain Timnas Indonesia mendapatkan kartu kuning saat menjamu Thailand di final Piala AFF 2020. Foto: Repro Footballstar

" Meski gagal keluar sebagai juara, Indonesia dinobatkan sebagai tim paling Fair Play di Piala AFF 2020 "

SINGAPURA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia berhasil mendapatkan gelar sebagai tim fair play pada ajang Piala AFF 2020.

Turnamen sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara, Piala AFF 2020, resmi mencapai puncaknya pada hari Sabtu (1/1/2022) di Stadion Nasional Singapura.

Pada kesempatan kali ini, Thailand memastikan diri menjadi juara. Hal tersebut diperoleh Thailand usai mengalahkan timnas Indonesia di laga final dengan agregat 6-2.


Meski gagal keluar sebagai juara, Indonesia dinobatkan sebagai tim paling Fair Play di Piala AFF 2020. Timnas Indonesia dianggap sebagai tim paling fair play sepanjang turnamen.

Akan tetapi, penghargaan yang didapat Tim Garuda membuat media Vietnam, Zingnews, tak ikhlas. Media online ternama di Vietnam itu menganggap Timnas Indonesia tak layak meraih Fair Play Award.

Baca Juga: Shin Tae-yong Kritik Keras Sistem Bubble di Piala AFF 2020: Ada Orang Mabuk

Pasalnya, Asnawi Mangkualam dkk dianggap sebagai tim dengan pelanggaran dan juga penerima kartu kuning terbanyak. Timnas Indonesia mengoleksi 13 kartu kuning, 0 kartu merah, dan melakukan 143 pelanggaran.

"Tidak ada yang perlu diragukan tentang posisi runner-up Timnas Indonesia. Namun, fakta mereka menerima Fair Play Award membingungkan, terutama ketika melihat statistik kartu, jumlah pelanggaran, dan gaya permainan tim ini," tulis Zingnews, dilansir dari Bolanet, Minggu (2/1/2022).

"Data Piala AFF menunjukkan Indonesia memainkan delapan pertandingan dan memiliki 13 kartu kuning, 0 kartu merah. Mereka tertinggal dari Thailand dengan 17 kartu kuning. Tim asuhan Shin Tae-yong itu melakukan 143 pelanggaran, Thailand dengan 117 pelanggaran."

Dilansir dari Sindonews, permainan Indonesia dianggap paling bersih sepanjang perhelatan Piala AFF 2020. Mereka tercatat tak mengantongi satu kartu merah pun sepanjang turnamen di Singapura ini berjalan.

Baca Juga: Menang Agregat 6-2 dari Indonesia, Thailand Juara Piala AFF 2020

Oleh sebab itu, penghargaan ini pun seakan menjadi pelipur lara, meski akhirnya harus gagal merebut kemenangan.

Selain itu, penyerang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya berhasil menyabet gelar pemain terbaik dalam leg kedua final Piala AFF 2020. Dalam pertandingan itu, Ricky memang tampil impresif.

Ricky memang sempat membuka asa bagi Skuad Garuda di awal pertandingan. Tendangan kerasnya di menit ke-7 berhasil membuat Sarawak Tedsungnoen tak berdaya.

Pada leg kedua babak final di Singapore National Stadium, Indonesia bermain imbang lawan Thailand dengan skor 2-2. Namun, pasukan Shin Tae-yong tersebut kalah dengan skor agregat 6-2. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga