Partai Gelora Penuhi Pengisian Data Bacaleg di Aplikasi Silon

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 17 Mei 2023
0 dilihat
Partai Gelora Penuhi Pengisian Data Bacaleg di Aplikasi Silon
Koordinator Devisi Teknis KPU Kolaka Timur, Anhar memverifikasi berkas bacaleg Partai Gelora di aplikasi silon. Foto: Ist.

" Partai Gelora telah melakukan unggahan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan administrasi bakal calon melalui sistem aplikasi pencalonan (silon) sesuai waktu yang diberikan 2x24 jam di KPU Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Partai Gelora telah melakukan unggahan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan administrasi bakal calon melalui sistem aplikasi pencalonan (silon) sesuai waktu yang diberikan 2x24 jam di KPU Kolaka Timur.

Koordinator Devisi Teknis KPU Kolaka Timur, Anhar mengatakan, sebelumnya untuk Partai Gelora status sudah diterima pada Minggu (14/5/2023), namun pengajuannya masih manual belum melalui silon.

Ia juga mengatakan Partai Gelora diminta untuk dapat mengupload dokumen pengajuan daftar bakal calon dan administrasi bakal calon legislatif paling lama 2x24 setelah di terima.

Baca Juga: 4 Parpol Tak Ajukan Bacaleg di KPU Manggarai

Anhar kembali menjelaskan, setelah dokumen kami terima dalam kondisi belum melalui Silon di masa pengajuan yang mereka lakukan yaitu pada 14 Mei 2023 sebelum ditutup pukul 23.59 Wita.  

Namun KPU Kolaka Timur memberikan batas akhirnya untuk Partai Gelora  mengunggah ke silon yaitu Selasa 16 Mei pukul 23.59 Wita.

"Kondisi ini berdasarkan ketentuan Surat KPU RI Nomor 475 dan 476, tertanggal 13 Mei 2023, perihal pengajuan bakal calon DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota dalam hal terjadi kendala pada Silon," jelasnya.

Baca Juga: Pimpinan Satu Betor Ikut Nyaleg 2024, Perjuangkan Masyarakat

Sebelumnya pendaftaran bakal calon legislatif ditutup pada Minggu 14 Mei lalu hingga pukul 23.59 Wita di KPU Kolaka Timur dan ada 15 parpol yang melakukan pengajuan dengan status diterima.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawas KPU Kolaka Timur, Murhum Halik mengatakan, pihaknya telah membuka pendaftaran bacaleg dari 1-14 Mei 2023 serta sudah memberikan himbauan kepada para parpol agar tidak terlambat dalam melakukan pendaftaran bacaleg. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga