Pedagang Kue di Pasar La Elangi Baubau Sepi Pembeli Jelang Idul Adha

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 15 Juni 2024
0 dilihat
Pedagang Kue di Pasar La Elangi Baubau Sepi Pembeli Jelang Idul Adha
Lapak Kue kering dipasar La Elangi Kota Baubau, terlihat sepi pembeli. Foto: Elfinasari/Telisik

" Menjelang hari raya Idul Adha 1445 H atau 2024, para pedagang kue di Pasar La Elangi, Kota Baubau, mengalami penurunan jumlah pembeli "

BAUBAU, TELISIK.ID – Menjelang hari raya Idul Adha 1445 H atau 2024, para pedagang kue di Pasar La Elangi, Kota Baubau, mengalami penurunan jumlah pembeli.

Pantauan Telisik.id pada Sabtu (15/6/2024), menunjukkan bahwa pasar yang biasanya ramai saat Idul Fitri 2024 kini hanya diisi oleh beberapa pedagang yang membuka lapaknya. Pembeli pun terlihat lebih sepi jelang Idul Adha tahun ini.

Salah satu pedagang kue setempat, Fitri yang sudah mulai berjualan lima hari sebelum Idul Adha, mengungkapkan bahwa tahun ini ia membantu menjualkan kue milik bibinya.

Baca Juga: Warga Baubau Keluhkan Pemuda yang Konsumsi Miras di Gang Kecil

"Saya baru mulai jualan kemarin dulu, tapi baru sedikit yang laku," kata Fitri dengan nada sedikit kecewa, Sabtu (15/6/2024).

Fitri menawarkan berbagai jenis kue dengan harga yang bervariasi, kue kering per cup dijual seharga Rp 35 ribu, kue kaktus ukuran kecil seharga Rp 15 ribu, ukuran jumbo Rp 50 ribu, dan kue tradisional Kalo-kalo seharga Rp 95 ribu per cup.

"Harga kue naik sekitar Rp 5 ribu dibanding lebaran sebelumnya, karena bahan-bahan juga naik. Per hari saya hanya mendapat pemasukan sekitar Rp 500 ribu, untungnya sedikit, tapi alhamdulillah kita syukuri saja," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa biasanya saat hari raya seperti Lebaran, kuenya pasti laku karena banyak orang yang tidak sempat membuat kue sendiri, meskipun terkadang ada yang tersisa.

Pedagang kue lainnya, Adi juga merasakan hal yang sama. "Kue kering yang saya jual cukup bervariasi baik dari segi jenis maupun harga. Untuk 1 cup kecil dijual dengan harga Rp 35 ribu, sedangkan 1 cup besar dijual dengan harga Rp 80 ribu per cup," jelas Adi.

Baca Juga: Cegah Pencurian Selama Ibadah Haji, Rumah Calon Jemaah Haji di Baubau Diawasi Ketat

Ia menambahkan bahwa kue keringnya biasanya cukup laris menjelang Idul Fitri.

Salah seorang pembeli, Ros, menyatakan bahwa membeli kue kering lebih praktis dan tidak perlu repot membuat sendiri.

"Saya membeli kue kering karena lebih simpel dan praktis. Biasanya saya beli di toples besar dengan harga antara Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu," ungkap Ros.(B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga