Pemkot Tingkatkan Kompetensi Pengawas Sekolah Kota Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 05 Juli 2023
0 dilihat
Pemkot Tingkatkan Kompetensi Pengawas Sekolah Kota Kendari
Peserta bimtek yang digelar di Hotel Zahra Kota Kendari untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pemkot Kendari melakukan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kompetensi pengawas sekolah TK, SD dan SMP se-Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawasan Sekolah/Madrasah, diamanatkan seorang pengawas sekolah harus memiliki standar kompetensi yang telah ditetapkan. 

Atas hal itu, Pemkot Kendari melakukan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kompetensi pengawas sekolah TK, SD dan SMP se-Kota Kendari.

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, menjadi seorang pengawas itu mempunyai tanggung jawab yang lebih dari guru-guru yang lain.

“Pengawas memiliki peran lebih strategis dari itu, untuk itu mari sadarkan diri kita, kita adalah kader potensial, kader agen pembaharu di Kota Kendari ini yang dikirim amanah,” ujarnya saat membuka sambutan, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga: Viral Harga Seragam Sekolah SD di Kendari, Inspektorat: Jangan Sampai Ada yang Ambil Untung

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Saemina menuturkan, adanya bimtek ini peserta bisa mengembangkan ilmu yang didapat selama mengikuti kegiatan.

Sementara itu, Ketua Panitia Haslita mengungkapkan, kegiatan itu adalah rangkaian dari proses peningkatan semua kapasitas pengawas sekolah dan guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kota Kendari.

Baca Juga: Tak Seperti di Indonesia, di Negara Ini Bisa Bayar Sekolah Pakai Sampah

Kedepannya akan dilanjutkan beberapa kegiatan yang sama, terutama dalam proses peningkatan bagi guru-guru bidang studi termasuk bimbingan teknis tentang kesiapan guru mengajar bagi sekolah inklusif.

“Hari ini merupakan rangkaian kegiatan bimbingan bagi para pengawas di semua jenjang, karena pengawas memiliki tugas di lapangan sebagai motivator, sebagai pengawas, pembimbing bagi guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pendidik,” ungkapnya.

Diketahui, bimtek ini dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti sebanyak 41 orang yang digelar di Hotel Zahra Kota Kendari. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga