Pemudik Sulawesi Tenggara Diprediksi Meningkat, Polda Buka Puluhan Posko dan Terjunkan Ribuan Personel

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 03 April 2024
0 dilihat
Pemudik Sulawesi Tenggara Diprediksi Meningkat, Polda Buka Puluhan Posko dan Terjunkan Ribuan Personel
Personel gabungan saat melakukan apel gelar pasukan, di lapangan apel presisi Polda Sultra. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Jumlah pemudik diprediksi meningkat di Sulawesi Tenggara menjelang Idul Fitri. Untuk mengantisipasi hal ini, Polda Sulawesi Tenggara membuka puluhan posko dan mengerahkan ribuan personel "

KENDARI, TELISIK.ID - Jumlah pemudik diprediksi meningkat di Sulawesi Tenggara menjelang Idul Fitri. Untuk mengantisipasi hal ini, Polda Sulawesi Tenggara membuka puluhan posko dan mengerahkan ribuan personel.

Operasi Pengamanan Anoa diluncurkan oleh Polda Sulawesi Tenggara, dengan Apel Gelar Pasukan pada Rabu (3/4/2024) pagi. Kombes Pol Tumpal Damayanus, Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sultra, menegaskan bahwa operasi ini akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia mulai 4 April hingga 16 April 2024.

Dalam operasi ini, Polda Sultra telah menyiapkan 51 pos pengamanan, 13 pos pelayanan, dan 9 pos terpadu. Total 4072 personel akan dikerahkan, dengan dukungan penuh dari seluruh jajaran Polres dan stakeholder terkait.

Baca Juga: Ingin Rehabilitasi Lahan, Masyarakat Bisa Ajukan Proposal di Dishut Sulawesi Tenggara, Ini Syaratnya

"Fokus kami adalah pada titik-titik jalur mudik dan tempat-tempat keramaian serta kerawanan macet dan kejahatan," ungkap Kombes Pol Tumpal Damayanus.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan memperkuat pengamanan di pelabuhan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Pengamanan juga akan dilakukan di masjid-masjid dan lapangan-lapangan yang digunakan untuk kegiatan salat Idul Fitri. Patroli di perumahan-perumahan yang ditinggalkan masyarakat yang mudik juga akan dilaksanakan untuk memastikan keamanan rumah-rumah tersebut.

Baca Juga: Dinamika Agen Travel Haji dan Umrah, Menjaga Kepercayaan dan Nilai Ibadah

Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang ingin menitipkan kendaraan untuk mudik, diminta untuk menghubungi Polsek, Polres, atau Polda terdekat. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan kendaraan selama masa mudik.

Kapolda Sulawesi Tenggara, Irjen Pol. Drs. Teguh Pristiwanto, memberikan arahan dan pesan dari Kapolri Jenderal Listiyo Sigit Prabowo dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Pengamanan Anoa. Masyarakat diharapkan dapat menjalankan hari raya dengan aman.

Masih di tempat yang sama, Kapolresta Kendari, AKBP Tri Aris Yunarko, juga menyampaikan pesan kepada masyarakat Kota Kendari untuk melapor jika ingin mudik. Dengan melaporkan ke RT/RW atau ke polsek setempat, rumah-rumah yang ditinggalkan dapat disambangi oleh Bhabinkamtibmas dan dilakukan patroli.(A-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga