Pemutihan Denda, Penunggak Pajak Kendaraan Serbu Samsat Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 22 Mei 2023
0 dilihat
Pemutihan Denda, Penunggak Pajak Kendaraan Serbu Samsat Muna
KUPTD Samsat Muna, Syukur Alwan saat memantau wajib pajak. Foto: Sunaryo/Telisik

" Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi mengeluarkan kebijakan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (PKB). Kebijakan itu tertuang dalam SK Gubernur Nomor 268 Tahun 2023 yang mulai berlaku 22 Mei-31 Juli "

MUNA, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi mengeluarkan kebijakan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (PKB). Kebijakan itu tertuang dalam SK Gubernur Nomor 268 Tahun 2023 yang mulai berlaku 22 Mei-31 Juli.

Nah, hari pertama dimulainya pemutihan PKB yang meliputi denda administrasi, tunggakan, bea balik nama dan SWDKLJ (jasa raharja), UPTD Samsat Muna diserbu para penunggak pajak.

"Ada sekitar ratusan yang mengurus di hari pertama," kata KUPTB Samsat Muna, Syukur Alwan, Senin (22/5/2023).

Baca Juga: Ketua DPC PKB Muna Lapor Dugaan Pencurian Kayu ke Polisi

Adapun syarat yang harus dilengkapi para penunggak pajak adalah foto copy KTP wajib pajak, STNK asli, BPKB asli atau foto copy dan laporan kepolisian bagi yang kehilangan STNK.

"Pemutihan ini adalah penghapusan denda. Bagi yang tunggakannya 2-5 tahun, melalui program ini, cukup bayar satu tahun," ungkapnya.

Tahun ini, Samsat Muna ditargetkan dapat mengahasilkan pendapatan dari PKB sebesar Rp30,4 miliar. Target itu, lebih besar bila dibanding tahun 2022 yang hanya mencapai Rp20 miliar. Namun, dengan adanya pemutihan itu, Syukur memastikan target akan tercapai hingga akhir Desember mendatang.

Baca Juga: Menang di Tingkat Provinsi, Perwakilan STQH Muna Barat Disiapkan Tiket Umrah

"Saat ini yang sudah kita kumpulkan sebesar Rp7 miliar. Insya Allah, target Rp30,4 miliar itu bisa tercapai, dengan besarnya antusias wajib pajak," terangnya.

Sementara itu, La Ode Kadimba, salah seorang wajib pajak mengaku sangat terbantu dengan adanya pemutihan denda itu. Karena, akan meringankan beban pengeluarannya.

"Sangat terbantu dengan program ini. Pengeluaran kita jadi sedikit," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga