Pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Konawe Tak Terima Dipecat Sepihak Padahal Sudah Berdarah-darah Besarkan Partai

Nur Fauzia, telisik indonesia
Kamis, 16 Mei 2024
0 dilihat
Pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Konawe Tak Terima Dipecat Sepihak Padahal Sudah Berdarah-darah Besarkan Partai
Pengurus DPD dan Sayap DPD Partai NasDem Kabupaten Konawe menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPW Partai NasDem Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Konawe menggelar unjuk rasa di depan kantor DPW Partai NasDem Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK. ID - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Konawe menggelar unjuk rasa di depan kantor DPW Partai NasDem Sulawesi Tenggara, Kamis (16/05/2024).

Aksi demo itu dilakukan untuk meminta kepada DPP Partai NasDem agar mencabut SK No. 70.KPTS DPP Nasdem. IV 2024 tertanggal 30 April 2024 tentang pengesahan kepengurusan DPD Konawe yang baru dan mengaktifkan kembali pengurus DPD Konawe yang lama.

H. Juswan, mantan pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Konawe mengatakan bahwa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh harus segera mengembalikan pengurus yang lama karena pergantian pengurus dianggap tidak sesuai dengan prosedur.

"Tidak ada penjelasan dari DPP terkait pergantian pengurus, dengan serta merta pengurus lama dipecat tanpa ada alasan dan tidak ada penjelasan yang didapatkan dari pengurus lama," ucapnya.

Juswan mengungkapkan bahwa pergantian ini tidak prosedural karena biasanya ketika dilakukan pemecatan, ada hal-hal dan pertimbangan-pertimbangan yang lain, namun pemecatan kali ini sama sekali tidak ada pemberitahuan kepada pengurus yang akan dipecat.

Baca Juga: Ali Mazi Pecat Rajiun Tumada, Sitya Giona Nur Alam hingga Ilmiati Daud dari Pengurus NasDem

"Sama sekali tidak ada pemberitahuan, serta merta keluar SK yang baru yang kami nilai ini sangat tidak sesuai prosedur," ungkapnya.

Juswan sangat menyayangkan orang-orang yang ada di pengurus yang baru adalah mereka yang tidak berjuang selama ini dalam kepengurusan partai dan juga bukan kader Partai NasDem. Bahkan salah satu pengurus baru, Muttaqin Sidik, merupakan Ketua DPD Partai PKN di Kabupaten Konawe Kepulauan.

Sementara itu Mugardin, pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Konawe kepada Telisik.id menyampaikan bahwa selaku pengurus selama 13 tahun terakhir ini berdarah-darah untuk membesarkan partai sehingga dia tidak bisa menerima keberadaan pemimpin yang baru.

Baca Juga: Mundur dari Caleg Terpilih DPR RI, Tina Nur Alam Dapatkan Pintu Partai NasDem untuk Pilgub Sultra

"Tidak terima dengan keberadaan pimpinan baru. Kami tidak mengetahui apa kesalahan kami, selama 13 tahun ini mulai dari 2011 sampai hari ini kami sudah berhasil membesarkan partai dari tidak ada kursi sampai mendapatkan 4 kursi di pemilu kemarin sehingga menjadi Wakil Ketua II di DPRD Kabupaten Konawe," ucapnya.

Mugardin mengungkapkan, ada 20 orang di struktur pengurus DPD, 28 orang di struktur pengurus DPC, dan beberapa lainnya di ranting yang tergantikan.

"Jadi kami di sini ingin mempertanyakan struktur apa yang mereka pakai pada hari ini, karena kami menduga mereka bukanlah kader Partai NasDem, selama ini mereka hanya simpatisan yang secara tiba-tiba menjadi pengurus," pungkasnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga