Peran Media dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
Peran Media dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024
Sinergitas antara Bawaslu Konawe bersama insan pers dalam pengawasan pemilu partisipatif pada Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Guna mewujudkan pemilu serta pemilih yang bersih dan berintegritas, Bawaslu Konawe merangkul insan pers dalam pengawasan partisipatif "

KONAWE, TELISIK.ID - Guna mewujudkan pemilu serta pemilih yang bersih dan berintegritas, Bawaslu Konawe merangkul insan pers dalam pengawasan partisipatif, Rabu (23/8/2023).

Mantan Komisioner Bawaslu Konawe periode 2018-2023, Rahmat mengungkapkan, media berperan penting dalam mensosialisasikan kerja-kerja Bawaslu dalam penyelenggaraan pengawasan Pemilu 2024.

"Tidak lepas dari itu, media punya peran dalam menyukseskan pemilu yang adil dan jujur," kata Rahmat.

Ia juga mengatakan, media merupakan mitra strategis yang diharapkan dapat membantu Bawaslu dalam mengawasi semua tahapan pemilu sebagai pengawas partisipatif.

Baca Juga: Besok, Gaji Ratusan ASN PPPK Kesehatan Konawe Cair

Rahmat mejelaskan, Bawaslu juga bertugas untuk melakukan pengawasan bagi pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu, serta melakukan pencegahan, penyelidikan, dan penyelesaian sengketa.

"Itu semua masuk ranah kami Bawaslu dalam melakukan penyelesaian masalah tersebut," tambahnya.

Baca Juga: Mobil Pickup Tergelicir di Bahu Jalan Tikungan Wolasi Konawe Selatan

Sementara itu Ketua Bawaslu Konawe, Abuldan menyampaikan, media dapat menjadi corong informasi Bawaslu dalam melaksanakan pemantauan pemilu dan memberikan edukasi ke masyarakat.

“Saya berharap teman-teman media dapat membantu kerja Bawaslu dalam mengawasi penyelenggara pemilu, selain itu media juga dapat menjadi rujukan ketika terjadi pelanggaran pemilu,” ungkap Abuldan.

Tempat sama, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Restu menambahkan, Bawaslu Konawe selalu terbuka untuk media, baik sifatnya untuk mendapatkan informasi maupun untuk audiens.

"Kami harap teman-teman bisa membantu tugas Bawaslu dalam mengawal pelaksanaan pemilu dan Pilkada 2024 mendatang,” harapnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga