Peringati Hari Buku, Dinas Perpustakaan Kolut Gelar Talkshow

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 19 Mei 2021
0 dilihat
Peringati Hari Buku, Dinas Perpustakaan Kolut Gelar Talkshow
Sekertaris Dinas Perpustakaan Kolaka Utara, Suriana, S.Pd.,MM saat membuka acar talkshow. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Tentu hasil yang kita harapkan dari setiap pelatihan atau kegiatan tersebut endingnya adalah peningkatan literasi, meningkatkan minat baca, serta dapat meningkatkan kunjungan masyarakat "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Memperingati Hari Buku dan Perpustakaan Nasional, Dinas Perpustakaan (Perpus) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menggelar Talkshow di Aula Disperpus Kolut, Rabu (19/5/2021).

Sekertaris Dinas Perpustakaan Kolut, Suriana, S.Pd.,MM, mengungkapkan, secara umum saat ini perpustakaan tidak hanya sebagai tempat membaca dan menyediakan buku. Tetapi lebih dari itu, perpustakaan hadir untuk memberi pelayanan kepada masyarakat luas dalam bentuk pelatihan.

"Tentu hasil yang kita harapkan dari setiap pelatihan atau kegiatan tersebut endingnya adalah peningkatan literasi, meningkatkan minat baca, serta dapat meningkatkan kunjungan masyarakat," kata Suriana.

Baca Juga: DPRD Bersama Pemprov Sultra Bahas Perubahan RPMJD 2018-2023

Talkshow yang bertajuk Mengukir Prestasi Menebar Inspirasi Membangun Negeri hari ini, juga merupakan salah satu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat di Kolut.

"Untuk tahun ini, Dinas Perpustakaan Kolaka Utara bekerjasama dengan beberapa komunitas literasi di Kolut menggelar Talkshow dengan menghadirkan narasumber putra-putri Kolaka Utara yang memiliki prestasi cemerlang," terangnya.

Suriana berharap, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda Kolut dan masyarakat pada umumnya.

"Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat memberikan inspirasi dan meningkatkan minat baca, khusus peserta talkshow dan masyarakat Kolaka Utara secara umum, karena saya yakin kesuksesan yang diraih tidak lepas dukungan literasi," jelasnya.

Lebih lanjut, Sekertaris Perpustakaan yang juga Sekertaris Daerah Kolut menguraikan hari buku nasional pertama kali dicetuskan oleh Menteri Pendidikan era Presiden Megawati Soekarno Putri.

Baca Juga: Teknis Seleksi CPNS 2021 di Butur, Masih Menunggu Surat Edaran Kemenpan-RB

Gagasan ini lahir setelah melihat perkembangan minat baca masyarakat Indonesia masih belum signifikan, sehingga pada saat itu Menteri Pendidikan menetapkan tanggal 17 Mei sebagai hari buku nasional.

"Tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan keterampilan literasi masyarakat Indonesia. Dan tahun ini kita memperingati hari perpustakaan yang ke-31 dan hari buku nasional yang ke-19," pungkasnya.

Untuk diketahui, narasumber talkshow dalam kegiatan ini yakni Andi Akbar Herman (Alumni UGM Yogyakarta), Muhammad Khaerul Rijal (UHO/Penerima Beasiswa Unggulan), Andira Remayani (Penerima Beasiswa Hunan Prevince Chine), Yessy Yuniarti (Penerima Beasiswa Bank Indonesia), dan Silfa Nugrawati (Penerima Beasiswa LPDP). (B-Adv)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga