PKS dan PDIP Sulawesi Tenggara Target Tambah Kursi Pemilu 2024

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Jumat, 20 Januari 2023
0 dilihat
PKS dan PDIP Sulawesi Tenggara Target Tambah Kursi Pemilu 2024
Ketua Bappilu PDIP Sulawesi Tenggara, Litanto (kiri) dan Sekretaris DPW PKS Sulawesi Tenggara, Laode Muhammad Dasnah (kanan). Foto: Musyrifa Sya’adah/Telisik

" Untuk bakal calon anggota DPR RI dari PDIP, saat ini masih dalam proses verifikasi. Sedangkan bagi PKS, kuota DPR RI sudah terisi dan beberapa caleg sudah ada yang mulai melakukan sosialisasi "

KENDARI, TELISIK.ID – Tidak terasa Pemilu 2024 sudah semakin dekat. Proses penjaringan bakal calon anggota legislatif untuk DPR RI dan DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara hampir rampung. Masing-masing partai politik menargetkan menambah perolehan kursinya.

PKS Sultra yang sudah me-launching pendaftaran bakal calon legislatif dari tahun lalu, kini prosesnya 90 persen dan tinggal menunggu bacaleg melengkapi berkas-berkas yang ada. Sedangkan PDIP Sulawesi Tenggara telah merampungkan persiapan dan sementara melalukan verifikasi bacaleg.

“Jadi kami tengah mempersiapkan bacaleg DPR RI dan DPRD provinsi baik dari kader maupun bukan dari kader partai yang telah mendaftar secara online maupun secara langsung,” kata Ketua Bappilu PDIP Sulawesi Tenggara, Litanto.

Untuk bakal calon anggota DPR RI dari PDIP Sulawesi Tenggara saat ini masih dalam proses verifikasi karena harus ada keterwakilan 30 persen perempuan. Sedangkan bagi PKS, kuota DPR RI sudah terisi dan beberapa caleg sudah ada yang mulai melakukan sosialisasi. PKS Sulawesi Tenggara mempersilakan kepada semua bacaleg untuk mengukur popularitas dan elektabilitas mereka.

Sekretaris DPW PKS Sulawesi Tenggara, Laode Muhammad Dasnah mengatakan bahwa bacaleg DPRD provinsi dari PKS pada 6 dapil sudah hampir 100 persen terisi. Adapun untuk slot yang masih kosong, sudah ada pendaftar dan tinggal melengkapi berkasnya saja.

Baca Juga: Banyak Daerah Dipimpin Pj, Partai Gelora Optimis Raih Kursi Maksimal di Pemilu

Di tempat berbeda, untuk bacaleg DPRD provinsi dari PDIP  juga masih sementara dalam proses verifikasi dan melakukan pemetaan terhadap calon-calon yang sudah mendaftar di PDIP yang berpotensi dan dapat meraih suara untuk ditindaklanjuti dan dilaporkan kepada DPP. Untuk jumlah pendaftar bahkan lebih dari kuota yang ditetapkan.

Secara umum, PKS Sulawesi Tenggara menargetkan agar seluruh kursi terisi minimal 1. Tetapi, khusus dapil yang telah terisi sebelumnya, maka ditargetkan ada penggandaan ataupun penambahan. Jadi bukan hanya sekedar mempertahankan kursi, tetapi menghadirkan kursi baru. Sedangkan bagi PDIP, menargetkan setiap dapil sebanyak 2 kursi.

Baca Juga: Partai Gelora Kendari Target 1 Kursi 1 Dapil

“Untuk yang saat ini sudah duduk di kursi DPRD provinsi akan kembali mencalonkan, sehingga target kami bisa menambah dari sekarang kekuatan 5 kursi menjadi 10 kursi,” tegas Litanto.

Bacaleg DPR RI dan DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara juga berasal dari latar belakang yang beragam, baik PKS dan PDIP, membuka ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin masuk melalui pintu PKS dan PDIP Sulawesi Tenggara.

“Kami kan melakukan penjaringan jadi dipersilakan semuanya bisa masuk sesuai dengan syarat perundang-undangan kemudian di partai juga ada regulasi yang harus dijalankan,” tutup Laode Muhammad Dasnah. (B)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga