Pungli Disdukcapil Kendari, Kepala Dinas Ikut Terlibat ?

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 03 Desember 2019
0 dilihat
Pungli Disdukcapil Kendari, Kepala Dinas Ikut Terlibat ?
Foto : Ilustrasi

" Kita lagi tunggu hasilnya, bukan hanya empat orang itu saja. Namun pimpinannya juga bisa kena, iya kan?. Berarti, kita sudah cape' bicara tapi tidak di jadikan perhatian. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pungli yang terjadi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari menyeret empat orang pelaku. Terdiri dari dua orang honorer dan dua orang berstatus ASN, di ambang sanksi.

Baca Juga: PDAM Kendari Pastikan Suplai Air Bersih Aman di Musim Kemarau

Mengenai kejadian ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Nahwa Umar memberikan komentarnya. Dengan kasus yang terjadi, bukan saja hanya menyeret ke empat orang tersebut namun bisa menyeret Kepala Dinas.

" Kita lagi tunggu hasilnya, bukan hanya empat orang itu saja. Namun pimpinannya juga bisa kena, iya kan?. Berarti, kita sudah cape' bicara tapi tidak di jadikan perhatian," ujarnya, Selasa (3/12/2019).

Sejauh ini laporan telah sampai ke pusat untuk terus diproses. Ditanya soal apakah ada keterlibatan dari Petinggi di Disdukcapil, Nahwa Umar menjelaskan masih menunggu proses dari pusat.

" Apakah kadisnya ikut terlibat? Wallahu A'lam Bishawab. Masih kita tunggu hasilnya, kita tunggulah Kementrian. Untuk prosesnya juga saya belum tahu sampai dimana. Karena semua diproses di sana," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Halili mengatakan, keempat oknum tersebut disinyalir kedapatan melakukan pungutan liar (Pungli) terkait pelayanan kepengurusan data kependudukan.

“Ada oknum yang sesuai laporan msyarakat melakukan pungli sekitar Rp100 ribu s.d Rp200 ribu kepada masyarakat saat pengurusan data pendudukan di disdukcapil dan perlu saya tegaskan perbuatan oknum tersebut merupakan individu dan tidak terorganisir secara struktural,” ujarnya, Senin (2/12/2019).

Baca Juga: KNPI Buteng Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Wadiabero

Pada Senin (25/11/2019) lalu, tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) saber Pungli Kota Kendari, melakukan inspeksi  mendadak, terkait adanya laporan masyarakat bahwa adanya pungli dalam mengurus dokumen kependudukan.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Sumarlin

Baca Juga