Rumah Sakit Tipe D Kabaena Bombana Mulai Dibangun

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Selasa, 11 Juni 2024
0 dilihat
Rumah Sakit Tipe D Kabaena Bombana Mulai Dibangun
Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama Tipe D oleh Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto. Foto: Melsandy Wauda/Telisik

" Pembangunan RS Pratama di Kabaena sudah mulai bangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana. Pembangunan rumah sakit tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilaksanakan di Desa Baliara "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pembangunan RS Pratama di Kabaena sudah mulai bangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana. Pembangunan rumah sakit tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilaksanakan di Desa Baliara, Kabaena pada Sabtu (8/6/2024).

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto mengatakan, total anggaran pembangunan RS Pratama Tipe D bersumber dari APBD 2024 dengan nilai anggaran Rp 2 Miliar, diperuntukan untuk pembangunan Ruang OK yang diperkirakan akan dibangun dalam jangka waktu 6 bulan.  

"Ini adalah sebagai langkah awal namun tidak menutup kemungkinan ada tambahan dari pihak pemerintah pusat maupun swasta," terang Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto.

Baca Juga: Pemda Bombana Galakkan Pasar Murah Jelang Idul Adha

RS Pratama Tipe D adalah rumah sakit umum yang hanya menyediakan pelayanan perawatan Kelas III untuk peningkatan akses bagi masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan perorangan, memberikan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, serta pelayanan penunjang lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, Darwin mengatakan, RS Pratama Tipe D dapat membuka pelayanan medik spesialis oleh dokter spesialis sesuai dengan kebutuhan pelayanan Medik Spesialis Dasar (MSD) yang meliputi pelayanan kebidanan dan kandungan, pelayanan kesehatan anak, pelayanan penyakit dalam, serta pelayanan bedah.

Kadis Kesehatan Darwin mengucapkan banyak terimakasih kepada Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto, Sekda Man Arfa, dan semua yang terlibat dalam perealisasian RS Tipe D di Kabaena.

Baca Juga: PKK Bombana Dukung Kegiatan Keagaaman

"Saya sangat berterimakasih kepada Pemda Kabaena karena sudah menyediakan jawaban dari sebagian besar masalah kesehatan di Pulau Kabaena," ungkap Kadis Kesehatan, Darwin.

Rombongan Pemda Bombana menuju Kabaena dengan menggunakan transportasi laut dari pelabuhan Kasipute ke Pelabuhan Pising dan melanjutkan perjalanan ke Desa Baliara untuk melaksanakan peletakan batu pertama.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pemberian bantuan rumah ibadah masjid di Kecamatan Kabaena, Kabaena Timur, Kabaena Barat dan pondok pesantren serta alat-alat pertanian seperti traktor roda 2 bagi 4 kelompok tani, 2 unit mobil ambulans untuk Kecamatan Kabaena Selatan dan Kabaena Tengah. (B-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga