Sering Dijadikan Lalapan, Ini Manfaat Kemangi bagi Kesehatan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 09 Desember 2023
0 dilihat
Sering Dijadikan Lalapan, Ini Manfaat Kemangi bagi Kesehatan
Selain enak, daun kemangi ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Foto: Repro klikdokter.com

" Daun kemangi ternyata memiliki dampak baik untuk kesehatan, karena daun ini mengandung sejumlah nutrisi dan antioksidan "

KENDARI, TELISIK.ID - Daun kemangi merupakan salah satu tanaman dengan aroma yang khas. Daun kemangi biasa dikonsumsi sebagai campuran makanan ataupun lalapan.

Daun kemangi juga ternyata memiliki dampak baik untuk kesehatan. Karena daun ini mengandung sejumlah nutrisi dan antioksidan. Tak banyak yang tahu bahwa daun kemangi mengandung nutrisi penting yang tubuh perlukan.

Dilansir dari halodoc.com dan klikdokter.com, berikut manfaat daun kemangi bagi tubuh manusia:

1. Mendukung Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah mampu menyehatkan pencernaan. Sebab, tanaman ini membantu memperkuat sistem pencernaan dan saraf pada area tersebut.

Selain itu, daun kemangi juga memiliki sifat antiinflamasi pada saluran pencernaan berkat kandungan eugenol. Tanaman ini juga membantu menyeimbangkan asam dalam tubuh, serta mengembalikan tingkat pH ke normal.

2. Mengurangi Stres Oksidatif

Salah satu kegunaan daun kemangi adalah dapat mengurangi stres oksidatif. Pasalnya, tanaman herbal ini mengandung senyawa yang disebut eugenol, antosianin, dan beta-karoten. 

Baca Juga: 4 Efek Samping Daun Kemangi bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Ketiga antioksidan ini berperan melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya kerusakan sel dan menurunkan risiko masalah kesehatan, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. 

3. Mengatasi Peradangan

Kemangi memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sehingga kerap menjadi obat herbal untuk beberapa masalah kesehatan. Manfaat ini karena adanya kandungan eugenol, citronellol, dan linalool pada tanaman ini.

Senyawa tersebut secara efektif membantu menurunkan peradangan melalui sifat penghambat enzimnya. Selain itu, sifat antiperadangan pada daun kemangi juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan radang usus.

Guna mendapatkan manfaat ini, ada baiknya mengonsumsi daun kemangi secara rutin.

4. Melawan Radikal Bebas

Manfaat daun kemangi lainnya adalah berperan sebagai antioksidan alami. Secara aktif, antioksidan membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif pada tubuh dan kerusakan pada sel. Terdapat dua kandungan antioksidan flavonoid dari tanaman ini yang baik untuk memerangi radikal bebas, yaitu orientin dan viceninare. 

Dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Eugenol dalam daun kemangi juga berperan dalam memblokir saluran kalsium. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. 

Baca Juga: Penderita Diabetes Perlu Hindari Sayuran Ini

Tak hanya itu, kemangi juga mengandung magnesium yang dapat membantu meningkatkan aliran darah. Kandungan tersebut dapat membuat otot dan pembuluh darah menjadi lebih rileks. 

6. Baik untuk Kesehatan Mental

Selain memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh, ternyata daun kemangi juga bermanfaat untuk kesehatan mental, lho. 

Daun berwarna hijau ini memiliki senyawa yang mampu meredakan kecemasan dan depresi. Mengonsumsi kemangi juga dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir jernih dan menurunkan risiko penurunan memori terkait usia. 

7. Mencegah Kanker

Kemudian, daun kemangi juga menawarkan manfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Manfaat ini berkat kandungan fitokimia yang melindungi tubuh dari berbagai potensi pertumbuhan sel kanker yang berbahaya. Beberapa jenisnya seperti kanker paru-paru, hati, mulut, dan kanker kulit. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga