Siap Sukseskan Pilkada, Pj Bupati Konawe Ingatkan ASN untuk Netral

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 26 Agustus 2024
0 dilihat
Siap Sukseskan Pilkada, Pj Bupati Konawe Ingatkan ASN untuk Netral
Pj Bupati Konawe, Stanley, siap sukseskan Pilkada 2024 dan ingatkan netralitas ASN. Foto: Ist.

" Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Stanley, siap menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 27 November 2024 "

KONAWE, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Stanley, siap menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 27 November 2024 mendatang.

Untuk suksesnya pesta demokrasi lima tahunan ini, Stanley mengatakan, sangat penting bagi pemerintah daerah untuk mengawal pelaksanaan pilkada sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dengan membangun sinergitas dengan berbagai pihak.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait, seperti KPU dan Bawaslu, untuk memastikan pilkada berjalan lancar. Saya juga sudah menyampaikan kepada seluruh ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe agar menjaga netralitas. Sebagai ASN, meskipun memiliki hak pilih, kita harus tetap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis," tegas Stanley.

Penegasan terkait netralitas ASN ini diharapkan dapat menjaga kepercayaan masyarakat serta menciptakan suasana kondusif dalam pelaksanaan tugas pemerintahan dan pilkada mendatang.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Selatan Pimpin Ikrar Netralitas ASN Pilkada 2024

Melalui kesempatan ini, Stanley juga mengatakan meski kewenangan seorang penjabat bupati sama dengan bupati definitif, namun ada beberapa batasan yang perlu dipahami, khususnya terkait proses mutasi pejabat.

"Dalam Surat Keputusan (SK) penugasan  mengatur beberapa larangan, di antaranya adalah pengisian jabatan dan mutasi pegawai tanpa persetujuan dari Mendagri," jelas Stanley.

Baca Juga: Langgar Netralitas ASN, Plt Bupati Muna Tegur Kadis Nakertrans

Lebih lanjut Stanley menyebut, ada sepuluh program prioritas yang akan ia kerjakan dalam 100 hari ke depan. Seperti pengurangan angka stunting, kemiskinan ekstrem, menekan inflasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan program lainnya.

"Tentunya, program-program prioritas itu akan kami laporkan hasilnya setiap tiga bulan kepada Mendagri sebagai bahan evaluasi," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga