Siswa SMAN 4 Kendari Wakili Sulawesi Tenggara Parlemen Remaja Nasional 2023

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Minggu, 10 September 2023
0 dilihat
Siswa SMAN 4 Kendari Wakili Sulawesi Tenggara Parlemen Remaja Nasional 2023
Anugrah Ayu Nur Ramadhani, siswa SMAN 4 Kendari, wakili Sulawesi Tenggara pada Parja Nasional 2023. Foto: Ist.

" Siswa SMA 4 Kendari menjadi salah satu wakil Sulawesi Tenggara pada lomba Parlemen Remaja (Parja) Nasional 2023 dengan membawa program Rumahku "

KENDARI, TELISIK.ID - Siswa SMA 4 Kendari menjadi salah satu wakil Sulawesi Tenggara pada lomba Parlemen Remaja (Parja) Nasional 2023 dengan membawa program Rumahku.

Parja nasional merupakan ajang lomba yang diselenggarakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI sebagai kegiatan tahunan yang diikuti oleh pelajar SMA sederajat dari seluruh Indonesia.

Siswa SMAN 4 itu bernama Anugrah Ayu Nur Ramadhani dan kerap disapa Ayu. Dia menjelaskan, program Rumahku merupakan sebuah forum untuk pelajar agar bisa berbagi ilmu, saling mengenalkan cara belajar hukum atau mengetahui dasar-dasar hukum untuk sesama remaja.

Seperti diketahui, saat ini banyak remaja yang melakukan kenakalan tanpa mengetahui dampak hukumnya, karena minimnya edukasi politik dan hukum terhadap para pelajar.

"Proses seleksinya dilakukan dari tanggal 3-13 Agustus yang terdiri dari seleksi essay, CV, dan video kampanye. Pengumuman tanggal 14 Agustus kemarin. Alhamdulillah saya lulus bersama satu siswa lainnya dari SMAN 1 Kendari,” ujar Ayu.

Baca Juga: Siswa SMAN 4 Kendari Wakili Sulawesi Tenggara pada Olimpiade Sains Nasional

Siswa yang duduk di kelas XI ini menambahkan, untuk Parja Nasional 2023 akan berlangsung pada 11-16 September 2023 di Wisma Griya Sabha Kopo DPR RI, Bogor, Jawa Barat.

Parja merupakan kegiatan nasional. Nantinya, pelajar akan melakukan simulasi menjadi seorang anggota DPR RI yang akan melakukan rapat paripurna, rapat komisi, kunjungan kerja, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Siswa SMAN 1 Baubau Raih Medali Perak di FLS2N Kategori Nyanyi Solo

Kepala SMAN 4 Kendari, Liyu mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh siswa mereka, apalagi sampai mengikuti lomba skala nasional.

“Tentunya kami mendukung, dan kami harap ini jadi contoh yang akan ditiru oleh teman-temannya yang lain,” ujar dia.

Sebagai informasi, Parja tahun ini diikuti oleh kurang lebih 10 ribu pendaftar dari seluruh Indonesia dan yang lolos hanya 134 peserta. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga