Sosok Mila Al-Khansah, Penulis Buku Semua Lelah yang Perlu Kita Rasakan Saat Dewasa Asal Kabupaten Konawe

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 02 November 2023
0 dilihat
Sosok Mila Al-Khansah, Penulis Buku Semua Lelah yang Perlu Kita Rasakan Saat Dewasa Asal Kabupaten Konawe
Sosok Mila-Alkhansah saat menceritakan prosesnya dalam menulis buku Semua Lelah yang Perlu Kita Rasakan Saat Dewasa. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Sulawesi Tenggara masih memiliki banyak potensi anak daerah yang terus bermunculan satu persatu di berbagai bidang "

KENDARI, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara masih memiliki banyak potensi anak daerah yang terus bermunculan satu persatu di berbagai bidang.

Salah satunya di bidang literasi, hadirnya banyak penulis asal Sulawesi Tenggara dengan buku-bukunya yang dilirik oleh penerbit nasional, seperti Mila Al-Khansah dengan bukunya Semua Lelah yang Perlu Kita Rasakan Saat Dewasa.

Mila Al-Khansah merupakan penulis buku yang berasal dari Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe yang saat ini menetap di Kota Kendari. Bernama lengkap Reza Cahya Kamila, wanita kelahiran 2001 tersebut telah menerbitkan dua buku dan telah dijual di pasar nasional.

Kepada Telisik.id, Mila menceritakan bagaimana kisahnya hingga dilirik oleh penerbit nasional, Buku Mojok. Penulis yang hobi bersepeda tersebut awalnya aktif menulis di berbagai platform kepenulisan, salah satunya Tumblr.com. Di platform tersebut ia menulis berbagai curhatannya akan sulitnya menjadi dewasa di tengah dunia sekarang yang serba menuntut kesempurnaan.

Baca Juga: Sosok Amran Sulaiman, Menteri Pertanian Pengganti SYL

Mila mengaku, dengan menulis dirinya merasa tersembuhkan akan berbagai cobaan yang datang silih berganti selama dirinya beranjak dewasa. Menurutnya menulis dan membaca adalah sebuah cara dirinya untuk bertahan dalam segala cobaan dalam proses pendewasaan.

“Tulisan semenyembuhkan itu,” tuturnya pada Telisik.id, Kamis (2/11/2023).

Dari curhatan-curhatannya tersebut, penerbit Buku Mojok kemudian melirik tulisannya dan menawarkan untuk menerbitkan buku terkait kisahnya. Awalnya Mila mengaku takut dengan pesan yang masuk di media sosialnya. Ia sempat mengira pesan tersebut merupakan penipuan, namun setelah ia telusuri lebih dalam, dirinya pun tidak menyangka, curhatannya tersebut dapat menjadi sebuah buku.

Buku Semua Lelah yang Perlu Kita Rasakan Saat Dewasa sendiri mengandung sebuah permasahalan yang cukup terhubung dengan penderitaan para pemuda zaman sekarang, terlebih lagi mereka-mereka yang kurang beruntung karena harus hidup dalam tuntutan Sandwich Generation.

Dalam bukunya, Mila juga menceritakan kisah cintanya yang juga cukup terhubung dengan generasi sekarang yang banyak mengira bahwa cinta adalah hal yang utama.

Buku Semua Lelah yang Perlu Kita Rasakan Saat Dewasa banyak digemari oleh para pembacanya, salah satunya Indah Syamsuddin yang menceritakan bagaimana buku tersebut menjadi teman dan pengingatnya ketika dirinya lelah menghadapi proses pendewasaan.

Baca Juga: Sosok dan Harta Kekayaan Mahfud MD, Menkopolhukam yang Kini Cawapres Ganjar Pranowo

“Bukunya bagus, dapat dibaca dalam sekali duduk cukup menenangkan untuk kita yang membacanya,” jelasnya dalam sesi temu buku bersama Mila Al-Khansah.

Selain Indah, ada juga Rahma Al Qarni, seorang mahasiswa yang membagikan pengalamannya membaca buku Semua Lelah yang Perlu Kita Rasakan Saat Dewasa karya Mila Al-Khansah. Dirinya sendiri berterimakasih dengan buku yang ditulis oleh Mila tersebut, karena membantunya merefleksikan diri dalam menghadapi tiap cobaan.

“Terimakasih dengan pengalaman barunya, seru sekali ngobrolin bukunya,” jelasnya,

Mila Al-Khansah sendiri mengaku akan terus menulis untuk kedepannya. Dirinya memiliki keinginan untuk membuat buku novel dan beberapa rencana buku lainnya. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga