Target Investasi Pelaku Usaha di Kota Baubau Belum Capai Target Nasional

Elfinasari, telisik indonesia
Selasa, 07 November 2023
0 dilihat
Target Investasi Pelaku Usaha di Kota Baubau Belum Capai Target Nasional
Bimtek implementasi pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko di Hotel Mira Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Target investasi pelaku usaha di Kota Baubau untuk tahun 2023, sebesar Rp 213 miliar, belum mencapai target nasional. Hingga triwulan III, realisasi hanya mencapai Rp 133 miliar, dengan masih ada lebih dari Rp 80 miliar yang harus dilaporkan "

BAUBAU, TELISIK.ID - Target investasi pelaku usaha di Kota Baubau untuk tahun 2023, sebesar Rp 213 miliar, belum mencapai target nasional. Hingga triwulan III, realisasi hanya mencapai Rp 133 miliar, dengan masih ada lebih dari Rp 80 miliar yang harus dilaporkan.

Kadis DPMPTSP Kota Baubau, Suarmawati, menggarisbawahi pentingnya implementasi perizinan dan pengawasan berbasis OOS (One Online Submission) dan RBA (Risk-Based Approach).

Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah pelaporan yang masih jauh dari harapan mereka sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, migrasi dari sistem sebelumnya, yaitu OSS I ke RBA menjadi prioritas dalam upaya mengatasi hambatan ini.

Baca Juga: APK Parpol di Kota Baubau Belum Ditertibkan Mandiri

Ia juga menyatakan, harapannya agar pelaksanaan kegiatan ini dapat sesuai dengan aturan terbaru yang terkait dengan perizinan berbasis risiko, seperti PP No 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Berbasis Risiko.

Pelaporan ditekankan sebagai kewajiban yang harus dipatuhi oleh pelaku usaha. Pelaku usaha yang tidak mematuhi aturan akan menghadapi konsekuensi, termasuk teguran hingga pencabutan izin usaha. LKPM akan berakhir pada Januari  2024.

"Bayangkan setiap bulan kami mendaftarkan 400 izin pelaku usaha yang dikeluarkan sehingga investasi yang dihasilkan cukup besar," tuturnya, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: 2.261 Kotak Suara Tiba di Kota Baubau

Ia juga menyatakan, hal tersebut merupakan 1 di antara 8 fokus naungan Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau dengan melakukan percepatan investasi sesui target yang diberikan Pemerintah Pusat.

Ia berharap agar semua terelealisasi sesuai target yang diberikan.

Ikhsan, salah satu peserta, menekankan pentingnya mendukung inisiatif pemerintah dan mengikuti perubahan dalam pengurusan perizinan yang semakin terdigitalisasi.

Melalui upaya ini, Pemkot Baubau berharap dapat mencapai target investasi yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga