adplus-dvertising

Teknologi 5G Segera Hadir di Indonesia

Haerani Hambali, telisik indonesia
Selasa, 09 Maret 2021
2130 dilihat
Teknologi 5G Segera Hadir di Indonesia
Samsung Galaxy S21, menggunakan teknologi 5G. Foto: Repro Suara.com

" Kita semua tahu jaringan 5G akan segera masuk, cepat atau lambat. Kini hanya tinggal menunggu pemerintah dalam menerapkan aturan 5G, termasuk spektrum. "

KENDARI, TELISIK.ID - Telekomunikasi seluler berevolusi sangat pesat dalam beberapa dekade. Perubahan itu menjadikan ponsel tak sekadar sebagai alat komunikasi, tapi juga sarana informasi sekaligus hiburan.

Seiring waktu, jaringan seluler terus berkembang. Setidaknya, jaringan ini telah berevolusi hingga generasi keempat (4G). Penggunaan jaringan 4G pun telah berdampak signifikan terhadap kehidupan manusia.

Dikutip dari Kompas.com, meski jaringan seluler terakhir masih mendominasi, kebutuhan akan koneksi cepat mendorong hadirnya 5G. Kini, teknologi seluler generasi kelima tersebut tengah menanti untuk segera diadopsi.


Sebagai tahap awal, jaringan 5G akan tersedia secara terbatas di sejumlah wilayah terpilih. Adapun wilayah yang menjadi fokus pemasangan berupa kawasan pariwisata, industri, dan kota-kota mandiri.

Di Indonesia, teknologi 5G sempat hadir. Namun, ketersediaannya hanya sebatas pada momen perhelatan Asian Games 2018.

Baca juga: Anda Pencinta Drama Turki Zalim Istanbul? Ini Sinopsisnya

Sejumlah sumber menyebutkan bahwa jaringan seluler 5G mampu mentransmisikan data 10 hingga 100 kali lebih cepat dibandingkan 4G yang hanya 45 Mbps.

Itu artinya, semua aktivitas berponsel, seperti download, upload, streaming, video call, gaming, dan phone call bisa berjalan tanpa hambatan.

Selain meningkatkan kualitas broadband seluler, berdasarkan riset Qualcomm 2020, kehadiran teknologi 5G diprediksi akan menyediakan konektivitas lebih luas daripada sebelumnya.

Pasalnya, jaringan tersebut dirancang untuk menghubungkan hampir semua elemen. Mulai dari manusia, mesin, obyek, hingga perangkat digital terkoneksi secara real time.

Dengan kemampuan tersebut serta koneksi yang sangat cepat dan berlatensi rendah, teknologi 5G bakal semakin memaksimalkan penerapan infrastruktur internet of things (IoT) dan kecerdasan buatan di hampir segala bidang. Utamanya, di bidang transportasi, logistik, industri, manufaktur, kesehatan, dan keamanan publik.

Sementara Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia mengatakan, cepat atau lambat jaringan 5G akan segera muncul di Indonesia.

Baca juga: Cita Citata Disindir Soal Terseret Korupsi Bansos, Netizen: Dapat Berapa M?

"Kita semua tahu jaringan 5G akan segera masuk, cepat atau lambat. Kini hanya tinggal menunggu pemerintah dalam menerapkan aturan 5G, termasuk spektrum," kata Taufiq dalam konferensi pers virtual seperti dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, Selasa (9/3/2021).

Sebagai produsen smartphone, Samsung saat ini telah mengeluarkan perangkat yang mendukung jaringan 5G. Ponsel tersebut adalah seri Galaxy S21 yang diluncurkan pada pertengahan Januari lalu.

Menurut Taufiq, seri Galaxy S21 ini sudah memiliki teknologi yang akan menerapkan jaringan 5G dalam frekuensi apapun. Jika pemerintah sudah menghadirkan jaringan tersebut, maka Galaxy S21 tinggal menerapkan pembaruan untuk menyesuaikan teknologinya.

"Kesiapan device, kita memang sudah 5G ready. Namun masih kendala di software. Ketika jaringan datang, maka kita bakal meluncurkan update baru, termasuk unlock operator yang sudah mendukung 5G nanti," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Samsung hanya memiliki Galaxy S21 sebagai satu-satunya perangkat yang mendukung jaringan 5G saat ini. Namun Taufiq tak menampik bahwa perusahaan siap menghadirkan perangkat 5G lain ke Indonesia.

"Kalau sekarang memang cuma punya Galaxy S21. Tetapi ditunggu saja ke depannya terkait perangkat lain (yang mendukung jaringan 5G)," tandasnya. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga