Terapi Air, Ini 4 Manfaatnya Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 28 Juli 2022
0 dilihat
Terapi Air, Ini 4 Manfaatnya Bagi Kesehatan Fisik dan Mental
Berenang merupakan salah satu cara terapi menggunakan air. Foto: Repro halodoc.com

" Ada banyak jenis terapi air yang bisa dicoba, mulai dari menggunakan air dingin, menggunakan air panas, hingga menggunakan tekanan air "

KENDARI, TELISIK.ID - Air ternyata tidak hanya dipakai untuk minum, mandi atau mencuci saja, namun juga bisa menjadi sarana terapi.

Dikutip dari Kompas.com, terapi air atau yang biasa juga dikenal sebagai hidroterapi adalah jenis terapi yang menggunakan medium air untuk meningkatkan kesehatan.

Ada banyak sekali jenis terapi air yang bisa dicoba, mulai dari menggunakan air dingin, menggunakan air panas, hingga menggunakan tekanan air.

Terapi air (hidroterapi) mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Terapi yang menggunakan media air ini ternyata dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan.

Terapi yang satu ini juga mempunyai banyak jenis, seperti hidroterapi panas, aquatic exercise atau olahraga air, sauna, air dingin, hingga menggunakan tekanan air.

Dilansir dari yoursay.id dan Halodoc, berikut ini beberapa manfaat terapi air untuk kesehatan fisik dan mental:

1. Menghilangkan rasa sakit

Manfaat pertama dari terapi air atau hidroterapi adalah dapat menghilangkan rasa sakit.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehat untuk Kendalikan Diabetes, Nomor 2 Paling Mudah

Menurut ulasan yang diterbitkan di Amerika Serikat, hidroterapi dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit. Pada ulasan tersebut menemukan bahwa terapi air panas memiliki efek penghilang rasa sakit yang signifikan.

Hal ini karena air hangat dapat sangat bermanfaat untuk mengurangi sinyal rasa sakit, mengendurkan otot, dan meningkatkan aliran darah.

2. Kesehatan mental meningkat

Hidroterapi juga sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki penyakit mental. Hal ini karena hidroterapi dapat meningkatkan mood, baik pria atau wanita.

Lebih lanjut, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), hidroterapi sangat dianjurkan untuk penderita fibromyalgia. Dengan terapi air ini bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan depresi.

3. Mengatasi radang sendi

Manfaat hidroterapi juga dapat dirasakan oleh orang dengan penyakit radang sendi. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dengan rheumatoid arthritis dapat membaik dengan terapi air ini.

Selain itu, dengan terapi air, mereka juga mengalami penurunan kadar stres oksidatif pada tubuhnya. 

Baca Juga: Dianggap Sepele, 7 Gejala Darah Tinggi Ini Berdampak Fatal

4. Pemulihan olahraga

Apakah kalian suka berolahraga? Nah bagi kalian yang gemar berolahraga terutama yang berlatih keras maka hidroterapi ini dapat digunakan untuk pemulihan.

Terapi air hangat dan dingin juga banyak digunakan para atlet setelah berolahraga. Hidroterapi ini dapat membantu proses pemulihan untuk membuat tubuh tetap bugar setelah latihan keras.

Selain itu, hidroterapi juga dapat menghindari nyeri otot yang rentan terjadi setelah berlatih. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga