Tingkatkan Penguatan Transisi Paud-SD Bunda Paud se-Kolaka Timur Gelar Bimtek

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
Tingkatkan Penguatan Transisi Paud-SD Bunda Paud se-Kolaka Timur Gelar Bimtek
Bunda Paud se-Kolaka Timur gelar bimtek guna tingkatkan penguatan gerakan transisi Paud-SD. Foto: Ist.

" Guna tingkatkan penguatan gerakan transisi Paud-SD yang menyenangkan, Bunda Paud desa/kelurahan dan kecamatan se-Kolaka Timur gelar bimtek di Baros Farm House Desa Tawainalu "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Guna tingkatkan penguatan gerakan transisi Paud-SD yang menyenangkan, Bunda Paud desa/kelurahan dan kecamatan se-Kolaka Timur gelar bimtek di Baros Farm House Desa Tawainalu, Kamis (27/7/2023).

Bunda Paud Kolaka Timur, Hartini Azis menyampaikan, keberadaan bunda Paud sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya.

Hartini menambahkan, peran bunda Paud sebagai sosok panutan atau figure dan tokoh utama yang bekerja, sebagai pendukung yang dapat menunjukkan kepedulian kepada Paud.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gelar Bimtek untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Ia menjelaskan, bunda Puad di Kolaka Timur diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayah masing-masing, yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan Paud.

"Di samping itu, secara khusus bunda Paud kecamatan, kelurahan dan desa diharapkan mampu mendorong pemanfaatan dana-dana yang ada, dalam rangka pembinaan dan pengembangan Paud berkualitas dengan layanan holistik integrative di wilayahnya," ungkap Hartini.

Sebagai bunda Paud lanjut Hartini, mengajak bersama mendukung gerakan peningkatan Paud yang berkualitas. Di mana salah satu programnya adalah gerakan transisi Paud-SD adalah penyelerasan Paud-SD yang bertujuan agar peserta didik Paud tidak perlu melakukan terlalu banyak penyesuaian saat berpindah menjadi peserta didik SD.

“Mari kita bersama sukseskan gerakan transisi Paud ke SD yang menyenangkan, semoga gerakan ini dapat terus berlanjut dan menciptakan suasana belajar yang positif dan membekas sebagai kenangan indah bagi anak-anak kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Timur, Syarif mengatakan, tumbuh kembang anak usia dini harus diprioritaskan sebagai investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia yang menjadi landasan sekaligus menentukan perkembangan anak selanjutnya.

Lanjut Syarif, pengembangan program Paud terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan orang tua, keluarga dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatan mutu pelayanan Paud yang berkualitas.

"Seiring dengan hal ini, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mencangkan Gerakan Nasional PAUD berkualitas sejak 19 Maret 2015," ujarnya.

Baca Juga: Operasi Patuh Anoa 2023, Pelanggar Lalu Lintas di Kolaka Timur Hanya Dapat Teguran

Syarif menjelaskan partisipasi dan peran serta masyarakat, khususnya peran para bunda Paud sangatlah diharapkan sebagai penggerak utama semua pihak, dalam kepedulian pentingnya Paud guna mewujudkan gerakan nasional Paud berkualitas melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat.

"Keberadaan Paud di seluruh pelosok di Kolaka Timur dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang pesat bila dilihat dari segi kuantitas," ungkapnya.

Melalui bimtek, Syarif berharap dapat menjadi sarana untuk mengoptimalkan peranan bunda Paud dalam mewujudkan layanan Paud yang berkualitas, dengan cara menggugah kesadaran masyarakat untuk terus mendukung lembaga Paud. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga