Tips Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Rusak, Lakukan Pengaturan Tersembunyi Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 29 Agustus 2023
0 dilihat
Tips Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Rusak, Lakukan Pengaturan Tersembunyi Ini
Kesehatan baterai iPhone bergantung pada berbagai faktor, dari suhu lingkungan hingga cara mengisi baterai. Foto: Repro Infopemuda.id

" Baterai iPhone yang bertahun-tahun bakal terus mengikis kesehatan baterainya menjadi cepat habis. Namun itu bergantung pada berbagai faktor "

KENDARI, TELISIK.ID - iPhone memang dikenal sebagai merek Hp yang awet dan tak gampang rusak. Meski begitu, baterai iPhone yang bertahun-tahun bakal terus mengikis kesehatan baterainya menjadi cepat habis.

Namun, itu bergantung pada berbagai faktor, seperti suhu lingkungan, cara Anda mengisi daya baterai, kerusakan akibat terjatuh atau baterai yang rusak.

Anda dapat mencegah penuaan pada baterai iPhone Anda secara maksimal, dengan mengikuti tips di bawah ini, dilansir dari Voi.id dan Detik.com.

Aktifkan Pengaturan Tersembunyi Ini

Meskipun Anda tidak dapat mengisi daya baterai secara berlebihan, Anda dapat membuat baterai iPhone sedikit tertekan saat Anda mengisi daya hingga 100 persen.

Baca Juga: 6 Cara Benar Cas HP Agar Baterai Awet

Untuk membantu membatasi beban tersebut, iPhone Anda memiliki pengaturan yang mempelajari rutinitas pengisian daya harian.

Saat memyambungkan ke pengisi daya, Anda harus menunggu hingga melewati 80 persen alih-alih hanya mengisi daya baterai dengan cepat hingga 100 persen. Hal ini dapat membantu mengurangi penuaan baterai.

Pengaturan itu seharusnya diaktifkan secara default, ada baiknya untuk memeriksa apakah pengaturan tersebut aktif. Buka menu Pengaturan klik Baterai pilih Kesehatan & Pengisian Baterai, pastikan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan diaktifkan.

Batasi iPhone Terhadap Paparan Suhu Ekstrem

Masa pakai baterai iPhone Anda dapat dipengaruhi oleh suhu ekstrem. Suhu yang lebih tinggi meningkatkan kecepatan reaksi kimia di dalam baterai, memaksa baterai bekerja lebih keras dan lebih cepat, sehingga menyebabkan baterai cepat rusak.

Menurut Apple, penting menghindari iPhone Anda terkena suhu yang lebih tinggi dari 95 derajat Fahrenheit untuk menghindari kerusakan permanen.

Baca Juga: Hati-Hati, 16 Aplikasi Android Ini Berisi Malware Penguras Baterai HP

Jangan tinggalkan juga iPhone Anda di dalam mobil dalam waktu lama, terutama jika cuaca sedang panas, seperti dikutip dari CNET.

Lepas Casing iPhone

Jika iPhone Anda menjadi panas setiap kali Anda mengisi dayanya, Anda mungkin perlu melepas casing sebelum melakukannya. Casing tertentu, terutama casing yang lebih besar dapat memerangkap panas dan membuat iPhone menjadi terlalu panas, sehingga memengaruhi masa pakai baterai.

Sesekali Nyalakan iPhone yang Tidak Dipakai

Jika Anda menyimpan iPhone lebih dari enam bulan, hidupkan dan isi daya hingga 50 persen setiap setengah tahun. Saat Anda menyimpan iPhone dalam waktu lama, mungkin baterainya akan lemah, yang berarti Anda mungkin perlu mengisi dayanya selama 20 menit sebelum menyala. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga