Tuduh Polisi Nunggak Pajak, Dua YouTuber Ditangkap

Ones Lawolo, telisik indonesia
Rabu, 19 Agustus 2020
0 dilihat
Tuduh Polisi Nunggak Pajak, Dua YouTuber Ditangkap
Benny Eduward Hasibuan dan Joniar M Nainggolan, tersangka kasus pelanggaran UU ITE. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Iya, benar sudah ditangkap semalam. Mereka ditangkap karena ada yang merasa dirugikan oleh video yang mereka unggah di akun YouTube-nya masing-masing. "

MEDAN, TELISIK.ID - Dua YouTuber asal Medan, Sumatera Utara, ditangkap oleh Tim Gabungan Satreskrim Polrestabes Medan karena diduga melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Penangkapan itu berdasarkan laporan seorang petugas Satlantas di Polda Sumatera Utara. Pemilik akun YouTube Benni Eduward dan akun YouTube Joniar News Pekan mengunggah video yang menuduh Petugas Satlantas bernama Johansen Ginting menunggak pajak sebesar Rp 3,7 juta.

Atas laporan dari seorang petugas Satlantas yang merasa dirugikan oleh adanya video hoax itu, kedua pemilik akun YouTube itu ditangkap di Jalan Putri Hijau, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Selasa (18/8/2020).

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko melalui Kasat Reskrim, Kompol Martuasah Tobing ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Rabu (19/8/2020) membenarkan penangkapan kedua pemilik akun YouTube tersebut.

Baca juga: Dua Kurir Narkoba Ditangkap dengan 100 Kg dan 50 Ribu Butir Ekstasi, Polisi Dibacok

"Iya, benar sudah ditangkap semalam. Mereka ditangkap karena ada yang merasa dirugikan oleh video yang mereka unggah di akun YouTube-nya masing-masing," kata Martuasah kepada Telisik.id.

Dia mengatakan, petugas Satlantas itu tidak terima karena dituduh mobil miliknya, Nopol BK 1212 JG menunggak pajak sebesar Rp 3,7 juta. Kini kedua YouTuber itu, sedang menjalani penyelidikan di Polrestabes Medan.

"Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka karena melanggar UU ITE. Nanti tinggal diputuskan dalam gelar perkara yang bersangkutan ditahan atau tidak," pungkasnya.

Diketahui, Benny Eduward Hasibuan adalah pemilik akun YouTube Benni Eduward dan Joniar M Nainggolan adalah pemilik akun YouTube Joniar News Pekan.

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga