Tuntut Pelunasan Pembebasan Lahan, Masyarakat Tutup Jalan Bendungan Ladongi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 04 Oktober 2022
0 dilihat
Tuntut Pelunasan Pembebasan Lahan, Masyarakat Tutup Jalan Bendungan Ladongi
Puluhan masyarakat menutup jalan masuk Bendungan Ladongi menuntut pembayaran pembebasan lahan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Ladongi melakukan aksi demonstrasi di Bendungan Ladongi, Kolaka Timur, Selasa (4/10/2022) "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Ladongi melakukan aksi demonstrasi di Bendungan Ladongi, Kolaka Timur, Selasa (4/10/2022).

Mereka menuntut pembayaran atas pembebasan lahan mereka akibat pembangunan bendungan di Ladongi yang sampai saat ini belum dilunasi.

Pantauan Telisik.id, masyarakat membakar ban dan memblokade jalan masuk Bendungan Ladongi serta membawa plang yang bertuliskan "Bendungan Ini Kami Segel, Bayar Lahan Masyarakat".

Warga sangat menyayangkan pihak pengelola bendungan yang sampai saat ini belum ada konfirmasi untuk pelunasan lahan yang terkena pembangunan  bendungan.

Baca Juga: Tenaga Non ASN Muna Capai 6.426, Lebih Banyak dari ASN

Nur Asdar Idris, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ladongi Membangun dalam orasinya menuntut pihak pengelola pembangunan waduk segera menyelesaikan pembayaran pembebasan lahan milik warga.

Di tempat yang sama, Armanto dalam orasinya menuturkan, sudah tahunan mereka menunggu pembayaran lahan, tetapi sampai saat ini tidak ada kejelasan.

Baca Juga: PT SMI Transfer Dana Pinjaman Rp 104 M

"Kami tidak butuh janji, kami butuh bukti," tegasnya.

Sampai berita ini diterbitkan, demonstrasi masih berlangsung, dengan dijaga ketat aparat kepolisian dari Polsek Rete-Rate dan Polsek Ladongi. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga