Usai Ditusuk Pipa, Mata Bocah SD di Buton Selatan Dinyatakan Buta

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 04 Oktober 2023
0 dilihat
Usai Ditusuk Pipa, Mata Bocah SD di Buton Selatan Dinyatakan Buta
Korban, MF saat melakukan pemeriksaan. Mata korban rusak parah hingga alami kebutaan. Foto: Ist.

" Setelah lebih dari sepekan menjalani perawatan jalan di salah satu rumah sakit di Kota Makassar, siswa SD yang matanya tertusuk pipa plastik oleh temannya batal menjalani operasi mata. Dokter rumah sakit menyatakan mata kanan korban rusak parah "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Setelah lebih dari sepekan menjalani perawatan jalan di salah satu rumah sakit di Kota Makassar, siswa SD yang matanya tertusuk pipa plastik oleh temannya batal menjalani operasi mata. Dokter rumah sakit menyatakan mata kanan korban rusak parah.

Paman korban, La Ode Maslin menjelaskan, sesuai jadwal pemeriksaan mata yang ditetapkan pada 2 Oktober 2023, sebelum operasi mata dilakukan, pemeriksaan dilakukan tiga kali, pertama pemeriksaan di poli Oftalmolgi pediatric, kedua pemeriksaan di dokter spesialis mata dan dari dokter spesialis mata dirujuk lagi ke dokter spesialis saraf mata setelah diperiksa di saraf mata.

Ia menjelaskan dari keterangan dokter, dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan sistem saraf mata dan batang retina rusak total, sehingga mata sebelah kanan korban saat ini mengalami kebutaan.

Baca Juga: Polisi Periksa 4 Saksi Kasus Penusukan Mata Murid SD di Buton Selatan

"Dokter mengatakan tidak bisa lagi melakukan tindakan atau operasi karena operasi itu melalui kornea mata, sementara kornea matanya sudah tidak ada. Seperti itu kemarin penjelasannya dokter," tutur La Ode Maslin, Rabu (4/10/2023).

Menurut La Ode Maslin, orang tua korban sempat terpukul saat mendengar kabar tersebut, namun dengan besar hati harus menerima kenyataan anaknya mengalami kebutaan di sebelah kanannya. Paman korban tetap mendampingi ayah korban untuk memberikan dukungan moril.

Saat ini, orang tua dan keluarga korban masih fokus pada upaya pemulihan mental dan kepercayaan diri korban. Meski begitu, seiring perkembangan pertumbuhan anak kelak, keluargan korban tetap berharap mata korban dapat melihat kembali meski tidak senormal sebelumnya.

Baca Juga: Perundungan Bocah SD di Buton Berakhir Damai

"Sehingga yang menjadi harapan kami agar pemulihan mental dan kepercayaan diri anak kami bisa kembali," harapnya.  

Pihak UPTD PPA setempat juga terus memantau kondisi korban yang saat ini sedang menjalani perawatan medis di Kota Makassar.

"Kami masih terus lakukan komunikasi, baik pada korban maupun ibu korban, saat ini korban masih menjalani perawatan untuk penyembuhan matanya di Makassar," ungkap Kepala UPTD PPA, Kabupaten Buton Selatan.  (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga