Usulan Pj Wali Kota Kendari dari Gubernur Bakal Diungkap, Tie Saranani Yakin Asmawa Tosepu Terpilih Lagi

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 21 September 2023
0 dilihat
Usulan Pj Wali Kota Kendari dari Gubernur Bakal Diungkap, Tie Saranani Yakin Asmawa Tosepu Terpilih Lagi
Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi mengatakan usulan nama calon Pj Wali Kota Kendari masih belum bisa diungkap. Foto: Sigit Poernomo/Telisik

" Masa jabatan Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu segera berakhir pada 10 Oktober 2023 mendatang. Saat ini baru dua nama yang diketahui sebagai usulan Pj selanjutnya dari DPRD, sementara nama lain yang diusulkan dari pihak Gubernur Sulawesi Tenggara masih belum diungkap "

KENDARI, TELISIK.ID - Masa jabatan Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu segera berakhir pada 10 Oktober 2023 mendatang. Saat ini baru dua nama yang diketahui sebagai usulan Pj selanjutnya dari DPRD, sementara nama lain yang diusulkan dari pihak Gubernur Sulawesi Tenggara masih belum diungkap.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Mulyadi mengatakan, pengusulan nama Pj sudah dilakukan gubernur sebelumnya, Ali Mazi. Surat permintaan pengusulan dari Mendagri disampaikan sekitar Agustus atau 40 hari sebelum berakhir masa jabatan Ali Mazi.

“Kan usulan gubernur itu hak prerogratif, tidak membutuhkan pertimbangan lain,” jelasnya, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga: Kecelakaan Kerja di PT KKU dan PT BSJ Saling Lepas Tanggung Jawab Antara Pemilik IUP dan Subkontrak

Artinya, pemprov sendiri sudah mengantongi tiga nama sebagai usulan Pj, tetapi masih belum bisa diungkap saat ini karena masih digodok lagi di Kemendagri. Katanya, setidaknya Oktober awal sudah ada hilal nama tersebut muncul.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto bakal melantik tiga Pj daerah di bumi anoa tahun ini, yaitu Pj Bupati Konawe, Kota Baubau dan Kendari.

Baca Juga: Pembiayaan Berbasis Pengembangan Showroom Mobil Bekas Hadir di Kendari, Berdayakan Pelaku UMKM

Terpisah, calon anggota DPD RI, Tie Saranani meyakini Asmawa Tosepu bakal terpilih kembali jadi Pj Wali Kota Kendari untuk tahun selanjutnya.

Sebelumnya, DPRD Kota Kendari mengusulkan dua nama sebagai calon Pj Wali Kota Kendari ke Kemendagri, yaitu Pj wali kota saat ini, Asmawa Tosepu dan Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga