adplus-dvertising

Wakatobi Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2022 Tebarkan Pesona Pariwisata

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 09 Desember 2022
446 dilihat
Wakatobi Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2022 Tebarkan Pesona Pariwisata
Press briefing yang dilakukan Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara untuk menyambut perayaan Hari Nusantara ke-13 di Wakatobi. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Menteri Investasi/Kepala Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menunjuk Kabupaten Wakatobi sebagai tuan rumah Hari Nusantara ke-13 tahun 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID – Perayaan Hari Nusantara adalah perhelatan akbar yang diperingati tanggal 13 Desember setiap tahunnya. Hari Nusantara menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menyadarkan bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim.

Masyarakat Sulawesi Tenggara patut berbangga. Pasalnya, Menteri Investasi/Kepala Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menunjuk Kabupaten Wakatobi sebagai tuan rumah Hari Nusantara tahun 2022.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara, Andi Syahrir mengatakan, rangkaian kegiatan Hari Nusantara akan dimulai sejak tanggal 11 Desember yang akan diisi oleh berbagai kegiatan.


Kegiatan tersebut antara lain bersih-bersih laut, bakti kesehatan, vaksinasi dasar, operasi katarak, pembagian sembako, dan banyak lainnya. Selain itu ada tiga acara besar yang akan digelar, yaitu pameran, pesta adat, dan panggung rakyat yang akan mengisi setiap malamnya.

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan hadir pada puncak Hari Nusantara di tanggal 13 Desember. Hari puncak sendiri akan diisi dengan berbagai pertunjukan, salah satunya atraksi laut, terjun payung, flying pass, parade 1000 perahu, dan pertunjukan lainnya yang dilakukan oleh TNI AU dan TNI AL.

Baca Juga: Pegawai Keluhkan Perilaku Kepala BNNP Sulawesi Tenggara yang Dinilai Arogan

Selain itu setiap kementerian juga akan turut mengisi kegiatan di Hari Nusantara seperti Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang akan melakukan promosi kesehatan stunting, cuci tangan pakai sabun dan stop buang air besar sembarangan (SBABS).

Sulawesi Tenggara juga akan menerima penghargaan Satya Wirakencana Bidang Kelautan tahun 2021, dan Anugerah Investasi Bahari tahun 2022. Belum selesai, pemerintah pusat rencananya akan melakukan peluncuran Desa Nelayan Cerdas dan menyerahkan bantuan untuk masyarakat di sektor kelautan dan perikanan.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Sulawesi Tenggara, La Ode Rusdin Jaya mengisahkan bagaimana Hari Nusantara sampai saat ini diperingati setiap tahunnya.

Wakil ketua pelaksana Hari Nusantara 2022 itu mengatakan, Hari Nusantara jatuh pada deklarasi Juanda tahun 1957. Perayaan tersebut dicetuskan oleh mantan Presiden Abdurrahman Wahid yang mengatakan Hari Nusantara harus menjadi perayaan nasional.

Keputusan perayaan Hari Nusantara baru diputuskan saat mantan presiden Megawati Soekarnoputri menjabat. Rusdin menjelaskan, perayaan Hari Nusantara sejatinya mempunyai beberapa tujuan.

Tujuan utama yaitu mengubah pemikiran masyarakat mengenai ruang hidup dan ruang juang, maksudnya disini adalah membuka masyarakat untuk tidak hanya menggali potensi darat saja, namun potensi laut juga bisa dikembangkan.

Selanjutnya Hari Nusantara ini juga bertujuan untuk menjadikan kelautan sebagai arus utama pembangunan nasional. Poin ini menurutnya sangat relevan dengan Sulawesi Tenggara, di mana Gubernur Ali Mazi sebagai ketua dari provinsi kepulauan saat ini sedang menggagas undang-undang kepulauan bersama sembilan provinsi lainnya.

Baca Juga: Sejumlah Tenan Segera Buka Lowongan Kerja di The Park Kendari, Cek di Sini

Hal lain yang menjadi tujuan Hari Nusantara adalah menghasilkan model pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar dan terpencil dan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang mampu mengelola potensi SDA laut untuk kesejahteraan masyarakat.

Selama dua tahun terakhir perayaan Hari Nusantara dilakukan secara hybrid (daring dan luring) karena terkendala pandemi COVID-19. Tahun ini menjadi tahun pertama perayaan Hari Nusantara dilakukan luring pasca pandemi.

Rusdin mengatakan, seluruh dinas dan OPD di Sulawesi Tenggara akan berkontribusi untuk mengadakan kegiatan dalam rangka mendukung Hari Nusantara di Wakatobi. Ia melaporkan persiapan teknis yang saat ini dilakukan, sudah rampung sekitar 70 persen. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga