adplus-dvertising

Waspada, Ini 4 Tanda Jika Teman Anda Menyimpan Rasa Dengki

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 23 September 2021
719 dilihat
Waspada, Ini 4 Tanda Jika Teman Anda Menyimpan Rasa Dengki
Ilustrasi seorang anak dengki dengan teman sendiri. Foto: Repro islami.co

" Supaya tidak terjebak dalam sikap manis teman, padahal di dalam hatinya menyimpan dengki maka perlu diwaspadai "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap manusia dalam hidupnya pasti membutuhkan orang lain alias teman. Teman seringkali membuat kehidupan lebih berwarna dan berkesan.

Dikutip dari TEMPO.CO, pertemanan mempengaruhi perilaku seseorang. Karena itu, cobalah menjalin persahabatan yang positif, bukan hanya menganggap jalinan teman itu baik karena sering bertemu dan bercengkerama.

Jika berkumpul dengan orang-orang yang positif, maka kita juga akan mendapatkan energinya. Sebaliknya, bergaul dengan orang-orang negatif akan membawa dampak buruk pada kebiasaan.


Namun perlu dicatat, tidak semua hubungan pertemanan itu pasti akan baik. Ada pula jenis teman yang ternyata di dalam hatinya menyimpan dengki. Teman seperti ini sangatlah berbahaya. Karena teman yang punya rasa dengki dalam hatinya, akan senang ketika kamu susah, dan merasa sengsara kalau kamu bahagia.

Supaya tidak terjebak dalam sikap manis teman, padahal di dalam hatinya menyimpan dengki maka perlu diwaspadai.

Dikutip dari yoursay.com, berikut ciri-ciri teman yang ada rasa dengkinya:

1. Sering bersikap sinis

Seorang teman yang baik akan merasa bahagia ketika kamu senang. Namun, hal itu nggak terjadi pada teman yang di dalam hatinya menyimpan rasa dengki. Jangankan bahagia, yang ada malah sering sinis.

Ini biasanya terjadi ketika kamu berbagai berita bahagia padanya. Ia akan berusaha merusak kebahagiaanmu itu dengan berkomentar, seolah-olah kamu nggak layak mendapatkan kebahagiaan yang kamu miliki.

2. Selalu ingin tahu kehidupan pribadimu

Memang, teman kerap jadi tujuan untuk berbagi cerita. Harusnya sih, bisa saling terbuka. Akan tetapi, seorang teman sejati akan mengerti batasan, dan berusaha menghormatinya.

Teman dekat sekalipun nggak akan berusaha terlalu kepo mengenai urusan pribadi, kecuali memang kamu yang bercerita sendiri.

Hati-hati, kalau ada temanmu yang begitu penasaran mengenai kehidupan pribadimu, sampai terkesan memaksa. Karena hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa ia ingin mengorek semua rahasia, untuk dijadikan senjata menjatuhkan.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Baca Juga: Mau Dapat Sertifikat Lulus Kartu Prakerja, Begini Caranya

3. Segala hal dijadikan kompetisi

Teman yang baik semestinya turut senang ketika kamu mendapat prestasi. Bukan malah merasa iri, karena menganggap kalau kamu rivalnya.

Jika ada temanmu yang apa-apa selalu nggak mau kalah, dan segala hal dijadikan ajang kompetisi, sebaiknya berhati-hati. Karena ciri tersebut bisa menandakan kalau ia menyimpan dengki.

4. Saat kamu jatuh malah ditertawakan

Ketika sedang kesusahan, teman yang sesungguhnya akan berusaha membantu dan menguatkan kembali. Bukan malah menertawakan. Itu namanya bahagia di atas penderitaan orang lain. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga