WhatsApp Mati Total di Berbagai Negara, Pengguna Mengeluh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 25 Oktober 2022
0 dilihat
WhatsApp Mati Total di Berbagai Negara, Pengguna Mengeluh
Pengguna WhatsApp mengeluh tidak dapat mengirim pesan saat beberapa jam. Foto: Repro google.com

" Aplikasi perpesanan WhatsApp mengalami down atau mati total di berbagai negara, termasuk menimpa Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Aplikasi perpesanan WhatsApp mengalami down atau mati total di berbagai negara, termasuk menimpa Indonesia.

Situs navigasi platform Down Detector menunjukkan laporan WhatsApp error meningkat pada pukul 13.56 sebanyak 299 laporan. WhatsApp gangguan hari ini tampaknya terjadi secara global.

Melansir kompas.com dari situs Downdetector, selain di Indonesia, WhatsApp down juga terjadi di Amerika Serikat (AS), Kanada, sebagian Eropa seperti di Italia, Inggris, serta di Asia seperti India, Malaysia, Jepang dan Filipina.

Pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim pesan baik teks atau media lewat WhatsApp di grup percakapan (WhatsApp Group) maupun chat pribadi (jalur pribadi/japri). Ketika mengirim pesan, hanya muncul ikon jam, menandakan pesan tertunda "pending".

Baca Juga: Teknologi Tak Selalu Bikin Bahagia, Negara Ini Contohnya

"Iya, tadi saya kira hanya di HP saya, ternyata WhatsApp sedang bermasalah," kata salah seorang pengguna WhatsApp, Andi Imam.

"Tadi itu biar kita kirim pesan teks biasa tidak bisa salam sekali. Itu terjadi sekitar jam 3 sore," tambahnya.

Pengguna lainnya, Abu Fatih mengaku, sampai melakukan restart ulang pada handphone. Bahkan awalnya ia juga mengira hanya aplikasi WhatsApp di handphonenya yang bermasalah.

"Iya, saya tidak hanya restart tapi juga mencoba menginstall ulang," ujarnya.

Belum diketahui apa penyebab gangguan yang cukup lama berlangsung ini.

"WhatsApp down: Chat app not working as thousands left unable to send messages," demikian headline di media Express yang berbasis di Inggris, dikutip dari detik.com, Selasa (25/10/2022).

"Ribuan pengguna WhatsApp kesulitan mengirim pesan karena layanan pesan itu mengalami gangguan besar. WhatsApp digunakan oleh 2 miliar orang di seluruh dunia," tulis mereka.

"WHATS GOING ON?WhatsApp 'down' as users report mysterious outage," tulis The Sun, media yang banyak dibaca di Inggris. WhatsApp tumbang dengan penyebab yang masih misterius karena belum ada penjelasan dari pihak WhatsApp.

Baca Juga: Bersiap Ganti Baru, Berikut HP iPhone yang Tak Bisa Pakai Whatsapp Mulai Besok

"Belum jelas seberapa luas gangguan ini terjadi. Namun WhatsApp jadi trending di Twitter sehingga bisa saja bahwa hal ini cukup substansial," tulis mereka.

Di Pakistan, media setempat juga memuat hal yang sama bahwa WhatsApp down, demikian pula di beberapa negara lain.

Di Twitter, keluhan disampaikan dengan banyak bahasa, demikian pula di Down Detector yang menandakan gangguan WhatsApp ini luas skalanya. (B)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga