Disdukcapil Muna Cetak 600 Keping KTP-el Perhari

Sunaryo

Reporter Muna

Kamis, 02 Juli 2020  /  10:07 am

Muhamad Sanusi, Sekretaris Disdukcapil Muna memantau proses pencetakan KTP-el. Foto: Sunaryo/Telisik

MUNA, TELISIK.ID - Warga Kabupaten Muna yang melakukan pergantian Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) membludak. Jumlahnya mencapai 3.000.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dibuat kewalahan melakukan pergantian indentitas warga itu. Operator harus kerja ekstra 1 x 24 jam.

Muhamad Sanusi, Sekretaris Disdukcapil Muna menerangkan, tingginya pergantian KTP-el itu disebabkan banyak warga yang pindah alamat, berganti status, KTP-nya rusak dan hilang.  

"Perharinya kita mencetak sekitar 600 keping KTP-el," kata Sanusi.

Selain pergantian, ada juga warga yang baru melakukan perekaman. Jumlahnya juga sekitar 3.000. Nah, untuk proses pencetakannya tidak membutuhkan waktu lama.

Baca juga: Anggaran Pembangunan Kantor DPRD Mubar Dialihkan ke Ring Road

"Bisa ditunggu, proses pencetakannya cepat," ujarnya.

Sanusi tak memungkiri, bila beberapa waktu terakhir proses pencetakan KTP-el terhambat. Hal tersebut didasari, karena tidak tersedianya blanko KTP-el ditambah ada gangguan di server. Kala itu, untuk mengambil blanko di pusat, terhalang wabah COVID-19. Karenanya, pihaknya menunggu dari Disdukcapil Provinsi.

"Kita diberikan 8.000 keping blanko. Saat ini, stok yang tersedia sekitar 2.000 keping," sebutnya.

Untuk stok blanko yang ada, akan diprioritaskan bagi warga yang nama kelurahan dan desanya mengalami pergantian. Bagi kelurahan dan desa itu, telah disampaikan pada para camat, lurah dan kepala desa untuk mengumpulkan KTP-el lama yang selanjutnya disetor ke Disdukcapil guna dilakukan pergantian.

"Selain dikumpulkan melalui camat, ada juga warga yang mengurus pergantian sendiri di kantor," tandasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali