Harga Beras di Kendari Turun Berkat Panen Raya

Tim Telisik

Reporter

Rabu, 09 Oktober 2024  /  9:40 pm

Proses jual beli beras antara penjual dan beberapa konsumen. Foto: Sri aqida/ Telisik

KENDARI, TELISIK.ID – Harga beras di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, menunjukkan penurunan yang signifikan. Berdasarkan pantauan pada Rabu (9/10/2024), penurunan ini terjadi di tengah masa panen raya dan bersamaan dengan momen Pilkada.

Di beberapa pasar tradisional, seperti Pasar Panjang di Jalan Sorumba, Kecamatan Wua-Wua, dan Pasar Anduonohu, harga beras 50 kg yang sebelumnya mencapai Rp 620.000 kini turun menjadi Rp 600.000.

La Ode Dia (51), pedagang beras di Pasar Panjang, menjelaskan bahwa penurunan harga disebabkan oleh melimpahnya pasokan dari daerah penghasil padi yang sedang panen raya.

Baca Juga: Satpol PP dan Disdukcapil Kendari Soroti Minimnya Pengadaan PPPK, DPRD Respon Begini

"Selama Pilkada ini, harga beras turun karena suplai dari petani lancar. Tidak ada hambatan, dan stok dari pabrik juga melimpah. Harganya turun, tidak ada yang naik," ungkap La Ode.

Penurunan harga ini disambut baik oleh konsumen. Egit (22), seorang pembeli di Pasar Anduonohu, mengungkapkan kegembiraannya atas turunnya harga beras.

Baca Juga: Kemenkumham Sultra Ikuti Pelatihan Metode Pembelajaran Jarak Jauh

"Kami sebagai konsumen senang sekali dengan turunnya harga beras. Dulu harganya sempat sangat mahal, jadi sekarang kalau turun begini, pasti senang," ujarnya.

Di beberapa daerah, seperti Konawe Selatan, panen raya sedang berlangsung, sehingga pasokan beras berjalan lancar dan stok melimpah di pasaran, yang berdampak pada turunnya harga. (B)

Penulis: Sri Aqida  

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS