Hasil Survei JSI Pilkada Konawe, Rusdianto-Fachry Unggul Jauh

Siti Nabila

Reporter

Kamis, 03 Oktober 2024  /  1:08 pm

Direktur Lembaga Survei Jaringan Suara Indonesia, Popon Lingga Geni saat menjelaskan hasil survei di salah satu hotel di Kota Kendari. Foto: Nabila/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Jaringan Suara Indonesia (JSI) secara resmi merilis hasil survei pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Konawe periode 2025-2030 di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (3/10/2024).

Direktur Lembaga Survei Jaringan Suara Indonesia, Popon Lingga Geni  mengungkapkan, hasil survei menunjukkan elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Rusdianto - Fachry Pahlevi Konggoasa (RD-FPK) berada di posisi teratas dengan angka sebesar 44,1 persen.

Kemudian disusul paslon nomor 3, Harmin Ramba - Dessy Indah Rachmat (HADIR) sebesar 34,8 persen dan paslon nomor 1, Yusran Akbar - Syamsul Ibrahim  (YA - SYAM) di angka 18,2 persen.

"Pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 2,9 persen," ungkap Popon Lingga Geni di hadapan puluhan awak media di Kendari.

Direktur JSI ini menyebut, penyebab paslon Rusdianto - Fachry mengungguli paslon lainnya karena tingkat pengenalan mencapai angka 94,3 persen dan kesukaan responden yang mencapai angka 89,1 persen.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Konstituen TNA dan Ruksamin Bisa Pindah Pilihan di Pilgub Sultra 2024

"Dari tingkat tokoh dan paling disukai, Rusdianto juga cukup tinggi sesuai survei kita. Ini sangat berpengaruh pada elektabilitas paslon," jelas Popon.

Selain itu masih kata Popon, elektabilitas pasangan Rusdianto-Fachry tertinggi karena pasangan nomor urut 2 ini dinilai lebih memahami persoalan daerah dan tahu cara menyelesaikan masalah.

"Alasan utama masyarakat memilih pasangan calon RD - FPK karena isu yang diangkat bisa menjawab persoalan di Konawe saat ini. Kemudian kemampuan dari pasangan calon RD - FPK dalam memecahkan masalah," jelas Popon.

"Endorsmen dari KSK dan LA juga memberikan efek terhadap kemenangan pasangan RD-FPK di Pilkada Konawe," pungkasnya.

Lebih lanjut, alumni Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta ini menerangkan bahwa survei ini atau pengumpulan data dilakukan pada 18 sampai 23 September 2024 dengan cara wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan melibatkan 440 responden di 28 kecamatan di Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Hasil Survei Charta Politika: ASR - Hugua Unggul Elektabilitas 33,2 Persen di Pilgub Sultra 2024

"Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error 4,8 persen," pungkasnya.

Untuk diketahui, Lembaga Survei JSI ini tidak diragukan kredibilitasnya di kancah perpolitikan Sulawesi Tenggara. Terbukti Lembaga Survei JSI berhasil mengantarkan Nur Alam sebagai Gubernur Sultra selama dua periode (2008 - 2018), Kery Saiful Konggoasa dua periode (2013 -2023), Bupati Bombana Tafdil dua periode (2013-2023), dan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra Ali Mazi - Lukman Abunawas periode (2018-2023) serta Haliana sebagai Bupati Wakatobi periode 2020-2025.

Terbaru, JSI kembali membuktikan akurasi surveinya di Pileg 2024 ini. JSI berhasil mengantarkan PAN Konawe meraih enam kursi. (C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS